ilustrasi

MAGELANG, SM Network – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan dua orang pasien positif virus corona (Covid-19) yang di rawat di RSU Budi Rahayu Kota Magelang telah sembuh. Hal ini berdasarkan swab ulangan terhadap dua pasien tersebut yang menunjukkan hasil negatif Covid-19.


“Hasil swab ulangan sudah keluar dan hasilnya negatif. Mereka sembuh dan sudah pulang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas, dr Sri Harso dalam keterangan persnya, Rabu (22/4).


Dia menuturkan, pasien yang sudah pulang pada Selasa (21/4) tersebut adalah pasien laki-laki, usai 51 tahun, warga Kelurahan Magersari, Kota Magelang. Kemudian satu orang lagi, pasien laki-laki, usia 33 tahun, warga Kelurahan Magersari masih berada di rumah sakit menunggu pengurusan adnimistrasi sebelum diperbolehkan pulang.


Direktur RSU Budi Rahayu, dr Ari Meliyanti menambahkan, selain dua pasien tersebut masih ada satu lagi pasien positif Covid-19 yang masih menunggu hasil ulangan swab keluar. Dia adalah pasien laki-laki, usia 38, warga Kampung Karangkidul, Kecamatan Magelang Selatan.


“Saat ini pasien tersebut masih di karantina di RSU Budi Rahayu, masih menunggu hasil swab,” katanya.


Dijelaskannya, semua pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSU Budi Rahayu memilik riwayat perjalanan mengikuti ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan. Mereka diisolasi sejak 7 April 2020.


Meskipun pasien sembuh dan diperbolehkan pulang, pihaknya tetap meminta pasien tersebut untuk mengisolasi diri selama kurang lebih 10 hari. Ini untuk mengurangi risiko tertular kembali virus tersebut. 


Dia menyebutkan, rumah sakitnya juga terdapat dua orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang mengisolasi mandiri karena reaktif Covid-19 setelah menjalani rapid test, beberapa waktu lalu. Satu orang alumni ijtima ulama Gowa dan seorang lagi memiliki kontak erat dengan alumi ijtima ulama Gowa.


“Kemudian, ada dua anak, kakak beradik yang juga reaktif Covid-19 yang kita rapid test. Tapi mereka dipindah ke RST dr Soedjono. Ayah dari dua anak ini pasien positif Covid-19 yang sudah diisolasi di RST dr Soedjono,” jelasnya.


Asef Amani