Dua Langkah Melawan Covid-19 Menurut Bupati Magelang

WONOSOBO, SM Network – Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, prinsipnya ada dua kegiatan penting dalam melawan laju pandemi Covid-19. Dia mengatakan hal itu dalam rapat koordinasi dan evaluasi penanganan Covid-19, Minggu (22/3).

Menurut Bupati, langkah pertama harus bisa melindungi seluruh warga yang sehat. Dengan cara melakukan antisipasi secara efektif berupa kegiatan pencegahan untuk melindungi warga yang sehat. Seperti gerakan kebersihan.

Langkah kedua, mengobati orang yang sudah terkena penyakit. Dalam hal ini dia minta jajaran Dinas Kesehatan dan RSU dengan seluruh kekuatan yang ada, baik sarana prasarana, SDM/ personil dan lainnya harus betul-betul profesional dan cepat bergerak, kalau perlu jemput bola. Dengan demikian masyarakat betul-betul merasa nyaman dan terlindungi.

Asisten Sekda Drs H Asfuri MS MSi menambahkan, Pemkab Magelang telah berupaya maksimal  untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat. Utamanya terhadap laju merebaknya pandemi Covid-19.

Kegiatannya seperti gerakan kebersihan secara menyeluruh, terstruktur, sistematis dan masif pada Jumat lalu. Kegiatan itu oleh seluruh  pejabat, ASN, TNI, Polri, perangkat desa dan seluruh komponen masyarakat.

Tetapi sasarannya baru warga yang ada di dalam wilayah Kabupaten Magelang. Sementara wabah itu bisa datang dari luar daerah yang masuk ke wilayah itu. Bisa melalui orang luar daerah yang hilir mudik atau lalu lalang masuk ke Magelang.

Guna mengantisipasi penularan yang dari luar daerah, lanjutnya, Pemkab Magelang juga mengambil kebijakan bagi semua orang dan kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Magelang dilakukan pemeriksaan dan  penyemprotan disinfektan di wilayah perbatasan seperti Secang, Salaman, Salam, Sawangan dan Ngablak. Maka ketika masuk wilayah Magelang tidak  membawa dan menularkan penyakit seperti Korona dan sejenisnya.


SM Network

Tinggalkan Balasan