Dua Cabor Ini Segera jadi Anggota Baru KONI DIY

YOGYAKARTA, SMNetwork- Dua cabang olahraga (cabor) bakal segera menjadi anggota baru KONI DIY. Hal ini dilakukan setelah kedua cabor anyar itu lolos dalam sejumlah verifikasi yang dilakukan KONI DIY dimana akan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2020, 22 Januari mendatang.

“Ada dua cabor yang mengajukan untuk menjadi calon anggota KONI DIY, yakni Hapkido dan Petanque. Rencana akan diundang dulu dan dicek kelengkapan administrasi pada pekan ini, sebelum Rapat Anggota berlangsung,” ujar Ketua Bidang (Kabid) Pembinaan Organisasi KONI DIY Nolik Maryono, kemarin.

Menurut Nolik,  kelengkapan yang harus dimiliki Hapkido dan Petanque yaitu meliputi Surat Keputusan (SK) dari Pengurus Besar (PB) Cabor terkait, keberadaan PB Cabor sudah diakui dan menjadi Anggota KONI Pusat atau belum. Kemudian memiliki Pengurus Kabupaten/Pengurus Kota (Pengkab/Pengkot), kesekretariatan dan kepengurusan di tingkat provinsi, hingga memiliki anggota di dalamnya. Sebelum disahkan, cabor terlebih dahulu juga harus mempresentasikan keberadaannya dalam Rapat Anggota KONI DIY.  

“Kalau syarat itu terpenuhi dan di Rapat Anggota bisa menerima, bisa disahkan kemudian,” imbuh dia.

Terkait kesiapan pelaksanaan Rapat Anggota, lanjut Nolikm saat ini telah mencapai 80 persen. Rencananya RAT dibuka  Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan mengundang 57 Anggota KONI DIY. Yang terdiri dari 46 Pengurus Daerah (Pengda) Cabor, 6 Badan Fungsional, dan 5 KONI Kabupaten/Kota.

“Semula agenda ini akan dilaksanakan 25 Januari besok, namun karena Libur Imlek akhirnya dimajukan pada 22 Januari. Undangan resmi akan disampaikan pada pekan ini,” kata pria yang juga merupakan Ketua Panitia Rapat Anggota KONI DIY Tahun 2020.

Selain membahas keanggotan baru bagi Hakido dan Pentaque, tuturnya, sejumlah agenda utama juga akan dibahas. Seperti mengevaluasi program kerja tahun 2019 dan menyiapkan program kerja tahun 2020. Termasuk di dalamnya pembahasan tentang pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI Tahun 2021, utamanya mengenai Peraturan Umum PORDA dan Mutasi Atlet. Hal tersebut sebelumnya telah dibahas bersama-sama dengan KONI Kabupaten/Kota dalam kegiatan Penyusunan Peraturan PORDA dan Mutasi Atlet di Yogyakarta pada 21 dan 26 Desember 2019, serta 4 Januari 2020, untuk kemudian nantinya disahkan dalam Rapat Anggota KONI DIY Tahun 2020.

“Tak kalah penting kesiapan DIY pada PON X di Papua tahun ini. Sebab Januari ini Puslatda resmi dimulai, hingga pemberangkatan kontingen nantinya. Adapun pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2020  dijadwalkan 20 Oktober hingga 2 November mendatang,” tandas dia.


Gading Persada

1 Komentar

  1. 786036 274123I really delighted to locate this internet web site on bing, just what I was looking for : D too saved to fav. 118148

Tinggalkan Balasan