Dua Bapaslon Akan Mendaftar Di Hari Pertama, Satu Di Hari Terakhir

PURWOREJO, SM Network – Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo pada hari pertama, dan satu Bapaslon akan mendaftar di hari terakhir masa pendaftaran.

Anggota KPU Kabupaten Purworejo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Akmaliyah, untuk pelaksanaan pendaftaran Bapaslon Bupati Wakil Bupati yang akan berlangsung 4-6 September, KPU Kabupaten Purworejo telah menerima konfirmasi atau koordinasi dari pihak Liaison Officer (LO) dan partai politik (parpol).

Akmaliyah menyebut, berdasarkan konfirmasi tersebut, Bapaslon Kuswanto-Kusnomo dan Agustinus-Rahmad Kabuli akan mendaftar pada hari pertama, Jumat (4/9). Kuswanto-Kusnomo pada pukul 08.00 sedangkan Agustinus-Rahmad Kabuli setelah Jumatan. Adapun Bapaslon Agus Bastian-Yuli Hastuti akan mendaftar di hari terakhir, Minggu (6/9) pukul 10.00.

“KPU saat ini sedang mempersiapkan untuk proses penerimaan pendaftaran Bapaslon pada tanggal 4 sampai 6 September di Kantor KPU Kabupaten Purworejo. Tanggal 4 dan 5 September pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB, tanggal 6 September pukul 08.00 sampai pukul 24.00 WIB. Persiapan baik berupa sarana prasarana, SDM, dan berkoordinasi dengan pihak pengamanan, Polres, dan juga Bawaslu Purworejo,” ungkap Akmaliyah, Kamis (3/9).

Akmaliyah menjelaskan, dilakukan pembatasan jumlah orang yang hadir dalam proses pendaftaran, hal ini terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga saat proses pendaftaran yang hadir hanya Bapaslon, pimpinan parpol pengusung (ketua dan sekretaris), LO, dan Bawaslu.

“Semua peserta dihimbau untuk mengenakan masker dan membawa alat tulis sendiri, termasuk dokumen yang akan diserahkan agar dimasukkan dalam bungkus kedap air dan disemprot desinfektan,” paparnya.

Ditambahkan, sesuai ketentuan dalam PKPU Nomor 10 tahun 2020, pasal 50 A diatur bahwa Bapaslon harus melakukan pemeriksaan Real Time Chain Reaction (RT-PCR) sebelum masa pendaftaran dan hasilnya dinyatakan negatif Covid-19.

“Dihimbau untuk tidak membawa pendukung dalam jumlah besar, untuk pendukung yang bisa masuk ke halaman KPU dibatasi paling banyak 30 orang,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan