Drg Yessi Juara Lomba Vlog Protokol Kesehatan

MAGELANG, SM Network – Lomba video blog (vlog) edukasi protokol kesehatan yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di wilayah kantor cabang Magelang dimenangkan oleh drg Yessi Idha Martha.

Dokter gigi yang memiliki tempat praktik di Kecamatan Grabag itu mengaku terkejut saat namanya disebut sebagai pemenang lomba. Adapun juara kedua diraih Puskesmas Borobudur dan juara ketiga drg Sri Rahayu. 

Adapun sebagai juara harapan, masing-masing adalah Puskesmas Magelang Utara, Puskesmas Parakan, dan dr Jovita Panggelo. Sebagai juara pertama, drg Yessi berhak atas piala dan uang tunai sebesar Rp 1.500.000.

“Bener-bener syok, ngga nyangka bisa juara,” ujar Yessy saat menerima apresiasi dari BPJS Kesehatan Cabang Magelang di Grand Artos Hotel and Convention, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, konsep video yang dibuat sarat pesan. Sebagai tenaga kesehatan (nakes) yang cinta Tanah Air, ia turut menerapkan protokol kesehatan di tempat praktiknya. Dari awal pasien datang sampai selesai pemeriksaan, semua dilaksanakan sesuai prosedur protokol kesehatan.

“Saya ikut lomba ini, karena ingin memotivasi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran tentang covid-19, baik di lingkungan umum maupun di lingkungan fasilitas kesehatan,” katanya.

Kabid Penjamin Manfaat BPJS Kesehatan Magelang, Ika Wulan Ndari menyebut, lomba ini diikuti 40 peserta. Terdiri dari puskesmas, klinik, dokter praktik perorangan, dan dokter gigi. Produk vlog berdurasi 1 menit yang “diracik” peserta langsung di unggah di media sosial tepat pada 17 Agustus. 

“Kami melibatkan Dinas Kesehatan dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam memberikan penilaian karya peserta. Kriteria penilaian meliputi kesesuaian tema, kreativitas, penyampaikan pesan, jumlah like di Instagram dan karya harus original, bukan menjiplak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Magelang, Diah Miryanti menambahkan, lomba ini sekaligus memeriahkan HUT ke-75 RI. Diperuntukkan bagi FKTP, karena sebagai garda terdepan pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

“Kami juga ingin memastikan bahwa, fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan aman dan sudah memberlakukan protokol kesehatan Covid-19. Peserta JKN-KIS juga mengikutinya (protokol kesehatan, Red),” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan