SM/Asef F Amani - WALI KOTA TERPILIH: Wali Kota Magelang terpilih, dr Muchammad Nur Aziz bersama Wakil Wali Kota Magelang terpilih, KH Mansyur dan partai pengusung menyampaikan sambutan usai rapat pleno terbuka yang diadakan KPU di Hotel Atria Magelang.

Janji Gandeng Semua Elemen

MAGELANG, SM Network – KPU Kota Magelang menetapkan pasangan dr Muchammad Nur Aziz-KH M Mansyur (Aman) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang terpilih pada Pilkada 2020. Wali Kota terpilih pun mengajak seluruh elemen untuk bersatu kembali dan bersama membangun Kota Sejuta Bunga.

Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Hotel Atria Magelang, Kamis (21/1) malam. Turut hadir pasangan terpilih, perwakilan Paslon No 2 Aji Setyawan-Windarti Agustina, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, partai pengusung, Bawaslu, Forkompinda, dan undangan lainnya.

Berita acara penetapan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang terpilih Pilkada Kota Magelang 2020 dibacakan oleh Ketua KPU Basmar Perianto Amron. KPU berikutnya akan menyampaikan surat pengusulan pelantikan pasangan terpilih kepada DPRD Kota Magelang, maksimal lima hari setelah penetapan.

“Kemudian, diteruskan dari DPRD kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Tengah. Untuk batas maksimalnya adalah lima hari setelah penetapan. Yang kami kirim ke DPRD adalah berita acara penetapan dan salinan SK rekapitulasi penghitungan suara,” ujar Basmar.

Dia menuturkan, dengan penyerahan berita acara kepada DPRD ini, maka selesai sudah tahapan Pilkada 2020. “Untuk pelantikan dan selanjutnya akan menjadi kewenangan Mendagri,” katanya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito yang hadir saat itu menyampaikan selamat atas ditetapkannya pasangan Aziz-Mansyur sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang.

“Atas nama pribadi dan Pemkot Magelang saya mengucapkan selamat kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang terpilih. Terkait pelantikan dan lain sebagainya saya harap berjalan lancar sesuai harapan,” tuturnya.

Ia menilai, Pilkada tahun ini sangat berbeda karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Pemkot Magelang pun sampai sekarang masih terus berupaya agar pandemi ini dapat dikendalikan.

“Kemarin kita zona merah, tapi tiga hari ini menunjukkan perkembangan yang positif, statusnya menjadi zona oranye. Kita merasa bersyukur karena tidak PSBB, tetapi PPKM sehingga ekonomi tetap bisa diselamatkan,” paparnya.

Sigit berharap, kepemimpinan dr Aziz-KH Mansyur ke depan bisa membawa cita-cita masyarakat Kota Magelang yang sejahtera dan bahagia. Terlebih memulihkan perekonomian setelah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Wali Kota Magelang terpilih dr Muchammad Nur Aziz mengajak semua elemen dan lapisan masyarakat untuk bersatu kembali. Saat ini dinilainya sudah tidak ada perbedaan lagi di Kota Magelang.

“Secara bertahap akan melaksanakan janji-janji semasa kampanye kemarin pada 100 hari pertama. Kami akan datangi tiap lapisan masyarakat untuk menarik aspirasi. Tidak kalah penting meneruskan program-program pemerintahan sebelumnya,” ungkapnya.

Sesuai janjinya, ia akan berusaha maksimal membawa masyarakat di Kota Tidar ini maju, sehat, dan bahagia. “Mudah-mudahan di pemerintahan yang baru nanti, seperti yang diutarakan Bapak Walikota tadi, bisa membawa Kota Magelang zona hijau lagi. Artinya, pandemi ini bisa kita kendalikan,” imbuhnya.