SM/Adib Annas Maulana - DUDUK BERSAMA : Afif Nurhidayat Ketua PDIP Wonosobo duduk bersama Bupati Wonosobo Eko Purnomo yang kembali mendaftar lewat Hanura, Kemarin.

WONOSOBO, SM Network – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonosobo terus mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo dalam percepatan penanganan Virus Covid-19.

Dalam rapat yang digelar DPRD bersama Pemkab Wonosobo terkait penanggulangan Covid-19 beberapa waktu lalu, Ketua DPRD, Afif Nur Hidayat mengatakan, mendukung sepenuhnya kegiatan Pemkab untuk menangani penyebaran Covid-19 di Wonosobo, khususnya dari sisi anggaran dengan skema penggeseran kegiatan dan penundaan kegiatan.

Politisi yang juga ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDIP Wonosobo tersebut mengatakan, Anggaran tersebut lebih difokuskan untuk antisipasi penanganan, baik untuk penyediaan APD dan antisipasi ketahanan pangan melalui jaring pengaman sosial yang tengah dipersiapkan.

“Kita mendukung penuh langkah Pemkab untuk mencegah penyebaran Covid-19. Anggaran itu menjadi prioritas untuk antisipasi penanganan akibat dampak yang ditimbulkan seperti ketahanan pangan,” jelasnya.

Selain menggunakan skema penggeseran kegiatan dan penundaan kegiatan, alokasi anggaran yang sebelumnya telah disiapkan Pemkab untuk Pilkada sebesar Rp 57 milyar, bakal dialihkan untuk penanganan pandemi korona.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo, Suwondho Yudhistiro mengatakan, DPRD menyepakati anggaran dana pilkada sementara dialokasikan untuk penanganan wabah korona mengingat belum ada kejelasan terkait tahapan Pilkada yang sementara ini ditunda.

“Dana Pilkada akan dialihkan untuk penanganan Covid-19, dengan catatan bahwa saat ini ada 40 persen dana yang sudah masuk di pihak penyelenggara tidak ditarik kembali. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika sewaktu waktu tahapan pilkada dilanjutkan kembali. Ada sisa 60 persen saat ini yang masih mengendap di kas daerah. Lah itu yang kita perbolehkan untuk digunakan,” jelasnya.

Selain mendukung Pemkab dalam sisi anggaran, DPRD juga menggelar sidak ke sejumlah posko pencegahan Covid-19. Afif Nurhidayat mengatakan, DPRD Wonosobo menggelar sidak dalam rangka melihat secara langsung proses screening warga di posko-posko pintu masuk Wonosobo. Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian wakil rakyat dalam menghadapi wabah corona.

“Jadi kegiatan itu sebagai tindakan untuk memerangai covid 19 di Wonosobo. Semua insitusi dan elemen harus bergerak sehingga dalam satu rampak barisan bersatu, termasuk anggota DPRD Wonosobo,” katanya.

Saat melakukan sidak anggota DPRD juga membagikan sejumlah masker dan handsanitizeer. Menurutnya, masker dan handsanitizer yang dibawa anggota DPRD merupakan hasil iuran mereka sendiri. Sidak tersebut menjadi tahapan pertama untuk melihat bagaimana kondisi posko, kekurangannya apa dan itu akan dibahas di DPRD.


Adib Annas Maulana