SM/Raditia Yoni Ariya - GELAR RAPAT: Ketua DPRD Temanggung Yunianto memimpin rapat paripurna, membahas anggaran perubahan APBD 2020 untuk penanganan COVID-19, Rabu (22/4).

TEMANGGUNG, SM Network – Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq merasa lega sebab DPRD Temanggung sudah menyetujui anggaran perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 untuk penanganan COVID-19 atau corona. Meski hanya disetujui Rp 84 miliar dari usulan semula Rp 92,8 miliar namun pihak eksekutif berjanji akan segera mengaplikasikan anggaran untuk penanganan pademi corona secara terarah.

“Anggaran Rp 84 miliar tersebut akan segera digunakan untuk penanganan dampak kesehatan, sosial dan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19.  Rp 30 miliar digunakan untuk pengobatan, karantina seta pencegahan korona. Lalu sekitar Rp 30 miliar lebih digunakan untuk pemberian bantuan sekitar 26.000 masyarakat miskin di Kabupaten temanggung. Adapun yang lain tentunya juga akan digunakan untuk kegiatan penanganan COVID-19,”ujarnya Rabu (22/4).

Wakil Ketua DPRD Temanggung Tunggul Purnomo menuturkan, persetujuan di angka Rp 84 miliar ini setelah melalui berbagai dinamika. Bahkan setelah dilakukan beberapa kali rapat melalui Badan Anggaran, dan setelah ada rasionalisasi dari usulan semula Rp 92,8 miliar ditentukanlah anga Rp 84 miliar.

“Keputusan itu tentu setelah dilakukan rasionalisasi anggaran yang diajukan oleh eksekutif yang menghasilkan efisiensi anggaran sebesar Rp 8 miliar dari anggaran yang diajukan sebesar Rp 92 miliar menjadi Rp 84 miliar. Saya minta segera dilaksanakan anggaran ini, sebab sekarang ODP sudah ada, PDP sudah ada, rumah sakit sudah menangani, gugus sudah bekerja, maka dari itu harus segera dilaksanakan,”pintanya.


Raditia Yoni Ariya/Kim