DPRD Pertanyakan JPS Kabupaten

WONOSOBO, SM Network – DPRD Wonosobo pertanyakan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang dijanjikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo akan direalisasikan pada bulan Mei. Meski bantuan dari Kementrian Sosial dan JPS Provinsi sudah mulai digulirkan, sampai awal juni JPS Kabupaten berupa bahan pokok senilai Rp 200 ribu tak kunjung diterima warga.

Permasalahan tersebut mencuat dalam rapat dengar pendapat yang diadakan Komisi C dan D DPRD Wonosobo bersama Kepala Dinsos dan PMD Tarjo, Kepala DPPKAD Junaedi dan Kepala Disperkimhub Bagyo Sarastono di Ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD, Kamis (4/6).

Ketua Komisi C DPRD Wonosobo, Wahyu Nugroho mendorong Pemkab untuk segera merealisasikan JPS untuk masyarakat terdampak. Dengan pengadaan barang melalui proses penunjukan langsung tanpa lelang, seharusnya Pemkab sudah selesai dalam hal administrasi.

“Anggaran sudah ada, jangan sampai masyarakat menunggu terlalu lama. Proses pengadaan barang dan jasa kan sudah melalui proses penunjukan langsung, seharusnya bisa lebih cepat,” tandasnya dalam rapat tersebut.

Politisi dari Partai PDI Perjuangan ini juga menyayangkan JPS Kabupaten yang dibagikan ke masyarakat dalam bentuk barang, bukan dalam bentuk uang tunai. Menurutnya, proses pengadaan ini justru rawan penyalahgunaan anggaran dan kurang efektif diterapkan dalam masa pandemi seperti ini.
“Masukan saya ke Pemkab alangkah baiknya diberikan dalam bentuk uang saja. Kalau barang harus kena pajak, penyedia juga pasti nyari keuntungan. Kalau diberikan uang tunai masyarakat bisa menggunakanya sesuai kebutuhan mereka masing-masing. Dalam hal ini juga bisa menggerakan kembali roda ekonomi masyarakat karena ada transaksi jual beli,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinsos dan PMD, Tarjo mengatakan, pihaknya masih terbentur proses administrasi yang belum selesai. Namun dirinya berjanji akan segera mendistribusikanya pada awal Juni.
“Kita masih menyelesaikan administrasi. Tapi awal Juni ini sudah kita distribusikan. Untuk JPS di bulan April akan dibagikan ke masyarakat pada awal Juni dan untuk JPS bulan Mei akan dibagikan ke masyarakat pada akhir Juni,” katanya.


Adib Annas Maulana

7 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  4. 563974 279173I just couldnt depart your web site prior to suggesting that I incredibly enjoyed the standard info an individual provide for your visitors? Is gonna be back regularly so that you can inspect new posts 532964

  5. 652104 894815We will have a link trade agreement between us! 46771

Tinggalkan Balasan