MUNGKID, SM Netwok – DPD Partai Golkar Kabupaten Magelang, melakukan aksi sosial dengan membagikan alat pelindung diri bagi masyarakat, seperti masker dan handsanitizer yang dilakukan secara bertahap.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Magelang yg juga anggota DPRD Jateng, Soenarno, mengatakan bahwa aksi tersebut dilakukan akibat prihatin dengan kondisi saat ini, yakni kekhawatiran merebaknya virus corona.

“Untuk ini sebagai salah satu bentuk kepedulian, dari partai kami untuk membantu masyarakat dengan membagikan alat-alat pelindung diri (APD) seperti masker, handsanitizer, dan lainnya,” jelasnya.

Rencana kami ada dua tahap, lanjut Soenarno, yang pertama kami bagikan kurang lebih sebanyak 3000 masker dan 1000 handsatizer, juga alat pelindung lainnya yang akan dibagikan minggu depan. Pembagiannya akan dilakukan melalui struktur organisasi, melalui fraksi di dapilnya masing-masing.

“Kebetulan kita mempunyai 6 anggota fraksi dan rata di semua dapil. Pembagian dilakukan melaui pengurus kecamatan dan pengurus desa, jadi kita tidak mengumpulkan massa,” ujar Soenarno. Selanjutnya ia mengajak seluruh masyarakat, untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang di tetapkan oleh pemerintah.

“Karena ini salah satu cara mematahkan penyebaran virus corona. Kita harus disiplin dan dilakukan secara ketat melakukan sosial distancing (pembatasan kegiatan sosial), hysical distancing (menjaga jarak), dan pola hidup sehat harus diperketat, sebab banyak masyarakat yang belum disiplin,” tegasnya.

Menurutnya, kepatuhan dan kedisiplinan dari semua elemen masyarakat merupakan kunci utama dalam memutus rantai penyebaran virus. Selain itu, ia juga mengimbau agar swluruh masyarakat dapat melakukan pemantauan dan pengawasan secara aktif terhadap para pendatang. Khususnya bagi mereka ayang datang dari daerah yang muncul kasus virus Corona, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Himbauan kami untuk pendatang baru betul-betul diperketat untuk dipantau, sebab banyak perantau yang mudik. Dan mengimbau agar masyarakat tidak mudik terlebih dahulu,” papar Soenarno. Sementara itu, Nurcholis, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Magelang, menjelaskan bahwa bantuan ini dilakukan secara mandiri, yakni tidak menggunakan uang partai.

“Untuk setiap anggota DPRD Kabupaten magelang mentarget setiap anggota DPRD menyumbang 1000 handsanitizer. Tetapi untuk sementara karena barang susah di dapat dan bayak lembaga melakukan hal serupa, maka kita lakukan secara continue,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut Nurcholis, dilakukan secara bertahap dan kan difokuskan untuk masyarakat, sebab untuk tenaga medis pemerintah khususnya eksekutif sudah pasti menganggarkan. “Bahkan kita akan melakukan tahap ketiga, karena banyak yang melakukan kegiatan serupa. Kemungkinan jika dilakukan bersama-sama, takutnya dibelakang tidak ada yang membantu. Golkar mengantisipasi dengan memberikan bantuan secara continue, jadi jangan sampai nanti pertengahan dan akhir tidak ada yang membantu,” katanya.

Untuk tahap pertama dan kedua akan Fraksi Partai Golkar akan memberikan APD, dan di tahap ketiga akan memberikan sembako secara terbatas. “Sebab dampak dari corona ini sangat luar biasa di berbagai aspek, dan kami berharap agar kondisi ini segera membaik,” harapnya.


Dian Nurlita/Kim

3 KOMENTAR