Dorong Kemajuan UMKM, Bank Jateng Gelar Pelatihan Saving Game

TEMANGGUNG, SM Network – Bank Jateng Cabang Temanggung menggelar kegiatan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung. Namun pelatihan kali ini dikemas unik, yakni dengan model saving game sehingga lebih menarik sebab peserta dituntut aktif di mana suasana pelatihan dalam suasan hidup tidak monoton, serta hasil maksimal.

Mentor Saving Game dari Bank Jateng Magelang, Anggree mengatakan, saving game merupakan metode pelatihan yang berbeda dengan pelatihan pada umumnya. Pasalnya, di sini peserta diberikan kesempatan untuk berkoordinasi, serta belajar bersama secara individu maupun kelompok, agar dapat mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya.

“Saving game merupakan metode pelatihan yang berbeda dengan pelatihan pada umumnya. Di sini peserta diberikan kesempatan untuk berkoordinasi serta belajar bersama secara individu maupun kelompok, agar dapat mengelola keuangan dengan sebaik baiknya. Salah satu caranya dengan menyisihkan dari sebagian penghasilan,”ujarnya kemarin.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Bank Jateng Temanggung pada (17/2) ini diikuti sedikitnya oleh 14 pelaku UMKM. Mereka terlibat aktif dalam diskusi dan sejumlah pertanyaan kritis untuk kemajuan usaha mereka yang di latar belakangi pengalaman di lapangan dari setiap usaha mereka. Ada sejumlah kendala dalam menjalankan usaha kemudian ditanyakan bagaimana cara penyelesaiannya, sehingga usahanya bisa lebih maju.

Disebutkan, di sini peserta dapat mempelajari bagaimana menentukan tujuan keuangan yang baik, mengkoordinasikan dengan rekan peserta yang lain, dan mengakomodir biaya berjalan. Peserta juga diajarkan bagaimana menghadapi berbagai masalah finansial, membahasnya bersama dan mengevaluasi keputusan yang diambil .

“Karena ilmu yang diberikan sangat banyak maka kita harapkan bisa menjadi bekal bagi mereka untuk bisa lebih baik dalam mengelola keuangan usahanya. Jika hal ini bisa dimengerti dan diterapkan maka kemajuan dalam usahanya tentu bisa dicapai,”katanya.

Menurut Anggree, keunikan lain dari metode saving game yang dikemas menarik di mana peserta berasa bermain game dan tidak melakukan pelatihan secara konvensional yang monoton di mana peserta sekadar mendengarkan saja materi secara pasif dalam metode ini peserta menjadi partisipan aktif. Bahkan, peserta dapat belajar bersama dalam memilih investasi yang aman dan menguntungkan.

“Dengan diadakannya pelatihan ini sekaligus mampu menjawab kebutuhan nasabah dan Bank Jateng siap memberikan pelayanan dan produk produk terbaik, baik untuk pribadi maupun pelaku usaha. Bank Jateng akan selalu ada untuk masyarakat, termasuk bagi para pelaku UMKM untuk ikut mensejahterakan rakyat dan memajukan bangsa,”katanya.


Raditia Yoni A

Tinggalkan Balasan