Donor Darah Suara Merdeka untuk Kemanusiaan

JOGJAKARTA, SM Network – Suara Merdeka Biro Kedu-DIY bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, menggelar kegiatan donor darah, pada Rabu (24/2/2021). Aksi donor darah tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat sesuai anjuran pemerintah.

Sebelum mendonor, para pendonor diwajibkan untuk cek suhu badan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak antara satu pendonor dan pendonor lainnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di The Rich Jogja Hotel di Jalan Magelang, Sleman, Yogyakarta itu, puluhan pendonor yang terdiri atas anggota TNI-Polri, karyawan SM serta sejumlah warga yang menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan.

Kepala Biro Suara Merdeka Kedu-DIY Edy Purnomo mengatakan, kegiatan sosial tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-71 Suara Merdeka, koran Perekat Komunitas Jawa Tengah. Selain itu juga bertujuan membantu PMI melaksanakan tugas kemanusiaan.

“Di wilayah kedu – DIY digelar di tiga kota yakni Yogya, Magelang, dan Wonosobo. Masing-masing kota 50 an kantong darah. Jadi total lebih dari 150 kantong terkumpul sebagai wujud kepedulian kami untuk kemanusiaan,” kata Edy.

Sementara itu Ketua PMI Sleman Sunartono merasa bersyukur dan berterima kasih atas adanya penyelenggaraan ini karena sangat membantu terutama saat pandemi seperti sekarang ini dimana kebutuhan darah meningkat. Sementara di sisi lain, selama pandemi jumlah pendonor mengalami penurunan yang berimbas pada stok darah.

“Saya ucapkan terima kasih sekali, sangat luar biasa. Setiap harinya kami membutuhkan sekitar 50 kantong untuk diberikan secara cuma-cuma kepada warga sleman yang membutuhkan. Sempat tiga hari lalu persediaan kami tinggal 10 persen dari kebutuhan harian,” terangnya.

Menurutnya di masa pandemi ini kebutuhan darah semakin meningkat. Sebab banyak yang digunakan untuk terapi konvalesen, penanganan khusus DBD, kecelakaan serta ke gawatdaruratan lainnya.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan SM DIY Agus Swasono merinci banyak kegiatan digelar untuk memperingati HUT Suara Merdeka ke-71 tersebut.

“Selain donor darah yang digelar rutin tiap tahun, kami ada pembagian bantuan untuk yatim piatu, perlombaan, seperti lomba lagu, lomba foto dan lomba menulis,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan