DIY Perpanjang Tanggap Darurat COVID-19

SM Network – Masa tanggap darurat bencana penyakit akibat virus corona atau COVID-19 di DIY diperpanjang hingga 30 Juni 2020. Keputusan ini diambil dalam Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Terhadap Status Tanggap Darurat DIY oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta jajaran Forkopimda, di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (27/5).

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, “Semua kabupaten/kota dan Forkopimda sepakat perpanjangan status tanggap darurat yang semula berakhir pada 29 Mei, diperpanjang sampai 30 Juni”.

Ia menyebutkan keputusan perpanjangan status tanggap darurat tersebut di antaranya berdasarkan pada kasus penularan COVID-19 di DIY yang hingga kini masih berlangsung. “Walaupun kita melihat selama dua hari terakhir nol (tidak ada penambahan kasus positif), namun kita belum memastikan ke depan apakah tetap bisa mempertahankan tidak adanya penambahan kasus positif,” sebut Aji.

Ia juga menjelaskan, selama masa tanggap darurat, tidak hanya aspek kesehatan yang menjadi perhatian, namun juga aspek sosial dan ekonomi masyarakat di lima kabupaten/kota, salah satunya dengan tetap menyalurkan bantuan sosial.

“Bantuan sosial baik secara tunai, sembako maupun yang lain bisa kita laksanakan dengan baik selama tanggap darurat,” jelasnya.

Perpanjangan status tanggap darurat ini dilakukan salah satunya untuk mempersiapkan diri termasuk menyusun standar operasional prosedur (SOP) apabila pemerintah pusat menerapkan skenario normal baru. Diperkirakan paling cepat skenario normal baru akan diterapkan di DIY pada Juli 2020 mendatang dengan memperhatikan hasil evaluasi pada akhir masa tanggap darurat.


Dananjoyo Kusumo

Tinggalkan Balasan