BERFOTO : Warga berfoto di jalan Ahmad Yani, Kamis (23/4).

WONOSOBO, SM Network– Ramainya sejumlah pusat perbelanjaan di seputar Pasar Induk Wonosobo menjelang Bulan Ramadhan membuat pemerintah menutup akses jalan mulai dari simpang empat taman Plaza di Jalan Ahmad Yani hingga Alun-alun Wonosobo. Tak ada kendaraan lalulalang di Jalan Ahmad Yani, membuat banyak warga mengabadikan momen tersebut dengan smartphone mereka, warga menggunakan jalan yang lengang untuk berswafoto bersama keluarga.

Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP Putri Noer Cholifah menjelaskan, penutupan jalan tersebut bertujuan untuk mencegah kerumunan warga yang memadati pusat perbelanjaan pasar Induk Wonosobo menjelang Bulan Ramadhan.

“Penutupan jalan ini dilakukan mengingat masih banyak warga yang berkerumun untuk berbelanja. Ini bentuk usaha kita bersama dalam memutus matai rantai peyebaran Covid-19. Kita tahu bukanya berkurang, kini pasien Covid-19 justru tambah banyak,” ujarnya Kamis (23/4).

Penutupan jalur tersebut membuat semua kendaraan yang ingin melintas dari arah Banjarnegara menuju Dieng dialihkan melalui Jalan Bhayangkara – Jalan RSU. Sedangkan arah Temanggung menuju Dieng dialihkan melalui jalur lingkar utara.

AKP Putri Noer Cholifah menambahkan, penutupan jalur tersebut dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pihaknya menunggu perkembangan situasi yang ada sehingga adanya penurunan jumlah aktifitas di sekitar Pasar Induk Wonosobo. Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk berbelanja seperlunya dan menghindari kerumunan.

“Mari patuhi imbauan Pemerintah untuk tetap di rumah, jangan keluar rumah bila tidak ada kebutuhan mendesak. Hindari juga kerumunan dan tempat-tempat yang berpotensi berkumpulnya banyak orang,” tandasnya.

Untuk memutus matai rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo mewajibkan warga menggunakan masker saat melakukan aktifitas di pasar. Kepala Satpol PP Wonosbo Haryono mengatakan, pihaknya akan memberi surat peringatan kepada warga yang melanggar aturan menggunakan masker.

“Selama beberapa hari ini kita akan memantau pusat perbelanjaan dan pasar, jika ada yang tidak menggunakan masker akan kita beri surat peringatan. Kita lihat dulu, ini cukup efektif atau tidak, kalau masih banyak yang tidak memakai masker, maka akan kita evaluasi lagi,” ujarnya.


Adib Annas Maulana

1 KOMENTAR