Ditetapkan KPU, Afif-Albar Resmi Lawan Kotak Kosong

WONOSOBO, SM Network – Pasangan Afif Nurhidayat dan Muhammad Albar resmi ditetapkan KPU sebagai calon tunggal pada Pilkada Wonosobo 9 Desember mendatang. Afif-Albar ditetapkan setelah dilakukan rapat pleno tertutup oleh KPU Wonosobo, Rabu (23/9) di Kantor KPU setempat.

Afif-Albar yang didukung tujuh partai yaitu PDI Perjuangan, PKB, Demokrat, Nasdem, Hanura, Golkar, PAN dengan 35 kursi di legislatif melenggang menjadi calon tunggal setelah incumbent Eko Purnomo tidak mendaftarkan diri melalui tiga partai yang tersisa yaitu Gerindra, PPP, dan Perindo dengan 9 kursi.

Penetapan Afif-Albar sebagai Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) disampaikan Ketua KPU Wonosobo, Asma Khozin saat ditemui seusai rapat pleno penetapan calon di Kantor KPU Wonosobo.

“Hasil rapat pleno yang dilakukan KPU, pasangan Afif-Albar resmi ditetapkan sebagai calon tunggal. Kita sudah siarkan penetapan ini di website resmi KPU dan sudah kita serahkan ke calon dan Bawaslu,” terang Asma.

Pasangan Afif-Albar telah melalui proses verivikasi administrasi serta pemeriksaan kesehatan. Hasilnya, Afif-Albar dinyatakan telah memenuhi syarat oleh KPU Wonosobo. Sedangakan Jefri Asmara yang sebelumnya didaftarkan oleh PPP ditolak saat pendaftaran karena tidak memenuhi beberapa dokumen persyaratan pendaftaran.

Asma menjelaskan, setelah dilakukan penetapan, tahapan selanjutnya adalah pengundian tata letak posisi pasangan calon dalam kertas suara yang akan dilakukan, Kamis (24/9) di Gedung Korpri Wonosobo. Baik pasangan Afif-Albar maupun kolom kosong, dijelaskan Asma, akan sama-sama disosialisasikan KPU kepada masyarakat.

“Meski calon tunggal, masyarakat akan diberi pemahaman untuk memilih sesuai pilihan mereka, baik Afif-Albar maupun kolom kosong. Kita akan memanfaatkan media sosial juga karena pandemi Covid-19 belum selesai, terlebih Wonosobo kini kembali masuk zona hitam. Untuk regulasi kampanye juga ada perubahan menyesuaikan protokol kesehatan, namun aturan itu masih digodog oleh pemerintah pusat. Kita masih menunggu untuk regulasi yang baru,’ tandasnya.

Cabup Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, dengan surat resmi penetapan dirinya oleh KPU sebagai Cabup Wonosobo, maka secara resmi juga dirinya telah mundur sebagai Ketua DPRD Wonosobo. Begitu pula Muhammad Albar yang sebelumnya menjadi tandem Afif di DPRD sebagai Wakil Ketua. “Hari ini sudah ditetapkan oleh KPU, dan saya sudah resmi mundur dari Ketua DPRD,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (23/9).

1 Komentar

  1. 750502 315209I just couldnt depart your internet site prior to suggesting that I incredibly enjoyed the regular information an individual offer for your visitors? Is gonna be back regularly to be able to inspect new posts 474735

Tinggalkan Balasan