Diterapkan PPKM, Pelayanan Disdukcapil Tetap Jalan

KEBUMEN, SM Network – Meski dilaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kebumen sejak 11 – 25 Januari mendatang, namun Dinas Disdukcapil tetap meberikan pelayanan optimal. Di mana sesuai dengan surat edaran, para karyawan 50 persen melaksanakan work from home (WFH). Menurut Kepala Dinas Disdukcapil Kebumen Maskhemi, saat ini sebagian karyawan Disdukcapil bekerja dari rumah atau WFH.

“Jumlah yang masuk setiap harinya 50 persen dari biasanya tanpa pejabat struktural yakni 42 orang dari 84 karyawan,” katanya.

Meskipun bekerja dari rumah, dalam pelayanan terhadap masyarakat tidak begitu terganggu, dikarenakan hampir semua pelayanan sudah berbasis online. Di samping itu, karyawan tetap bekerja dengan optimal guna menginput data masyarakat. Akan tetapi, lanjut Maskhemi, waktu pendaftaran dibatasi hanya sampai pukuk 12.00 dari sebelumnya pukul 14.00.

Bagi yang melakukan pendaftaran di waktu tersebut tetap diselesaikan, karena Disdukcapil sendiri menargetkan layanan 1 hari jadi, asalkan tidak ada kendala dengan sistem. Pihaknya menghimbau masyarakat yang ingin mengurus surat surat terkait dengan kependudukan di Disdukcapil. pada masa PKPM seperti saat ini tetap dilayani seperti biasa, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sementara itu, untuk program jemput bola ke sekolah dan desa-desa ditunda.

Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan di kantor Disdukcapil atau kecamatan. Tahun ini juga terdapat program jemput bola ke pondok pesantren. Soal penundaan tersebut, Maskhemi menegaskan bahwa semua masalah administrasi bisa dionlinekan, kecuali KTP karena terdapat rekam, geometrik, sidik jari, dan iris mata.

Tinggalkan Balasan