SMN/dok - CUCI TANGAN : Sejumlah warga Kalurahan Purwosari, Kapenewon Girimulyo, Kulon Progo khususnya ibu-ibu kompak mendengarkan penyuluhan kesehatan dari Satgas TMMD Reguler ke-107.

KULONPROGO, SM Network – Berada dalam situasi merebaknya pandemi Covid-19, sasaran nonfisik yang dilakukan Tim Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 menjadikan masalah kesehatan sebagai fokus yang diberikan kepada warga Kalurahan Purwosari, Kapenewon Girimulyo yang merupakan lokasi TMMD.

Para warga setempat mendapatkan penyuluhan kesehatan dari petugas Puskesmas Girimulyo yang masuk dalam tim Satgas TMMD. Berlangsung di Rumah Dukuh Prangkokan, penyuluhan kesehatan dilakukan secara rutin. 

Sebelum kegiatan dilaksanakan warga diwajibkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker serta  jarak duduk dan berdiri mereka diatur agak berjauhan agar jangan sampai bersentuhan atau bersinggungan.

“Hal ini kamu lakukan sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran Covid-19,” ungkap Widi, salah seorang petugas Puskesmas Girimulyo.Dihadapan masyarakat, Widi yang bertindak sebagai narasumber memberikan materi berkaitan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini dengan semakin meluasnya penyebaran virus korona di wilayah Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia. 

“Setiap warga agar mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah guna memutus penyebaran virus tersebut. Senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta olah raga agar terpelihara kesehatannya dan terhindar dari ancaman penyebaran berbagai penyakit lainnya,” ungkapnya.

Selesai penyuluhan warga diajarkan atau diberi contoh cuci tangan yang benar. Widi mengungkapkan mencuci tangan yang baik yakni dengan menerapkan enam langkah yaitu membasahkan kedua tangan dan  sabun secukupnya.

Lalu menggosokkan kedua telapak tangan, punggung tangan, kedua tangan hingga ke sela-sela jari. Setelah itu mengosok pada bagian belakang jari-jari dan bagian ujung pada jari tangan.

“Selain materi kesehatan, warga juga kami berikan materi tentang bela negara dan pertanian. Untuk pertanian diberikan langsung dari Dinas Pertanian Kulon Progo,” tandas Danramil 04/Samigaluh Kapten Inf Ngadiran.


Gading Persada