Ditantang Iuran, Bupati Purworejo : Seluruh Gaji Saya

PURWOREJO, SM Network – Kegiatan menggalang sumbangan peduli Covid-19 melalui iuran dari ASN dan Pejabat Politik, yang dicetuskan oleh anggota DPRD Purworejo, Muhammad Abdullah, melalui surat terbuka yang ditujukan kepada Bupati dan Pimpinan DPRD mendapat respon positif.

Bupati Purworejo Agus Bastian, melalui Sekretaris Daerah Said Romadhon, mengaku rela menyumbangkan seluruh gajinya untuk membantu masyarakat kalangan menengah kebawah yang terdampak wabah Covid-19, yang harus kehilangan penghasilan selama musibah ini berlangsung.

“Saya sudah matur kepada Pak Bupati (terkait usulan iuran), dan beliau mau menyumbangkan seluruh gajinya selama masa tanggap darurat Covid-19,” ujar Said Romadhon, menghubungi Suara Merdeka melalui sambungan telepon.

Dikatakan Said Romadhon, bupati juga merestui dan menghimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk ikut menyumbangkan sebagian penghasilanya. Namun, untuk besaranya, pemerintah daerah tidak akan menentukan.

“Pemerintah daerah akan mengeluarkan himbauan (bagi ASN), tetapi Pak Bupati matur supaya untuk tidak menentukan besaran minimalnya, supaya sukarela saja,” imbuh Said Romadhon.

Di lain pihak, Ketua DPRD Purworejo Dion Agashi Setia Budi juga mengapresiasi dan mendukung seruan koleganya dari partai Nasdem, Muhammad Abdullah, berkaitan dengan wacana iuran tersebut.

“Karena ini DPRD terdiri dari berbagai fraksi, saya hanya bisa menghimbau kepada seluruh pimpinan fraksi dan anggora DPRD untuk bisa melakukan penyisihan tersebut untuk membantu. Untuk Fraksi PDIP saya yakinkan kita bahkan kemarin sebelum gajian artinya di bulan ini sudah kami sisihkan,” ujarnya.

Dari Fraksi Partai Golkar, Rokhman, menilai wacana iuran peduli Covid-19 ini cukup positif. Ia mengaku akan membawa wacana tersebut dalam rapat Fraksi Partai Golkar, untuk dapat menentukan sikap.

Sementara itu, Muhammad Abdullah, menindaklanjuti wacana yang telah dicetuskan, mengusulkan kepada pemerintah maupun DPRD untuk kompak apabila wacana ini akan dilaksanakan. Bahkan jika perlu, semua pihak membuat kesepakatan besaran sumbangan yang akan diberikan.

“Kalau saya mengusulkan dua puluh persen (dari gaji),” tandasnya.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan