Dishub Kabupaten Magelang Akan Pasang ITCS di Tiga Titik

MUNGKID, SM Network – Guna mendukung program Smart City Pemerintah Kabupaten Magelang, Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang pada tahun 2020 ini akan memasang integrated traffic control system (ITCS) di tiga titik.

Lokasi yang akan dipasang ITCS diantaranya pertigaan Semen Kecamatan Salam, pertigaan Blondo Kecamatan Mungkid, dan di simpang apil Secang Kecamatan Secang.

“Ketiga lokasi tersebut saya pilih karena pertigaan Semen merupakan gerbang masuk Magelang dari arah Yogyakarta. Sedangkan persimpangan Secang merupakan gerbang masuk dari arah Semarang, dan Blondo kebetulan dibangun RS Merah Putih jadi bisa mengarahkan orang-orang yang menuju ke rumah sakit,” terang Kasi Managemen Rekayasa Lalu Lintas, Sudig Yurianto, Rabu (5/1).

Fungsi dari ITCS tersebut yaitu bisa mengendalikan kepadatan arus lalu lintas dari jarak jauh. “Misalnya kepadatan arus yang dari arah Jogja ke Magelang kok terlalu tinggi, itu bisa kita beri waktu yang lama biar habis dulu. Tergantung dari banyaknya kendaraan,” jelasnya.

Selain itu apil tersebut juga akan dilengkapi dengan CCTV tambahan. “Bukan yang terpasang sekarang, sebab CCTV yang terpasang sekarang hanya digunakan untuk melihat seberapa banyak kepadatan arus,” ujar Sudig.

Menurutnya, ITCS yang akan dipasang, nantinya juga untuk mengendalikan arus kendaraan di persimpangam. “Disamping itu kita bisa berkomunikasi dalam arti memberikan peringatan kepada pengguna jalan yang menggunakan marka jalan tidak sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Ia juga mengatakan untuk mengendalikan ITCS tersebut akan disediakan CCroom khusus guna mengendalikan apil tersebut dari Dishub. “Rencananya sebelum lebaran sudah terpasang,” Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang Imam Basori juga mengatakan bahwa ITCS bekerja menggunakan sensor.

“Lampu apil tersebut akan berfungsi berdasarkan sensor kepadatan, jadi tidak berdasarkan hitungan waktu yang tetap, namun sensor yang bekerja. Jadi mana yang padat akan didahulukan,” papar Imam.


Dian Nurlita

2 Komentar

  1. 535698 838445Right wow messages are bound to show your and supply memorialize the speacial couple. Beginner sound system to high in volume crowds need to always take a appear at all of the fantastic value behind presenting and public speaking, which is to be someones truck. greatest man speeches brother 975837

  2. 296395 354748Most what i read online is trash and copy paste but i think you offer something different. Maintain it like this. 327461

Tinggalkan Balasan