SM/Arif Widodo - TERSANDAR : Pohon tumbang tersandar melintang jalan di Desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen.

KEBUMEN, SM Network – Hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Kebumen sejak Sabu sore (27/2) hingga Minggu (28/2) dini hari, menyebabkan pohon-pohon bertumbangan. Sejumlah rumah dan bangunan mengalaminkerusakan. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Humas Polsdaops BPBD Kebumen Heri Purwoto, menyebutkan, pohon tumbang berada pada 37 titik di 9 kecamatan.
“Dari 37 titik lokasi yang tersebar di 9 kecamatan itu meliputi Kecamatan Kebumen (7 titik), Klirong (2 titik), Karangsambung (2 titik), Mirit (5 titik). Selanjutnya di Kecamatan Ambal, Kutowinangun (3 titik), Prembun (4 titik), Padureso (1 titik), Bulus pesantren (5 titik),” katanya.

Di Kecamatan Kebumen telah terjadi pohon tumbang di Desa Gesikan, yang disebabkan oleh hujan deras dan disertai angin kencang sehingga pohon roboh menutup akses jalan raya, jaringan PLN dan hampir menimpa rumah warga. Kondisi saat ini pohon sudah di tangani.

Di Desa Kalibagor telah terjadi pohon tumbang disebabkan oleh hujan deras dan disertai angin kencang menimpa rumah dan menutup akses jalan. Kondisi Kondisi saat ini akses jalan sudah dapat dilewati dan rumah telah ditangani

Heri Purwoto melanjutkan, di Desa Kalijirek pohon tumbang menimpa rumah milik Nur Hamid (57), petani asal RT 08/RW 02 Dukuh Karangrejo. Kondisi saat ini sudah ditangani. Pohon tumbang juga menimpa rumah milik Rodiyah (68) buruh harian lepas, warga RT 08/ RW 02 Dukuh Karangrejo, Desa Kalijirek.

Menurutnya, kejadian tersebut tercatat mulai berlangsung sejak pukul 17.40 hingga dini hari. “Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang mengguyur di beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen memasuki awal malam hari didominasi hujan merata,” jelas Heri.

Lebih lanjut, pada pukul 20.00 sebagian wilayah barat sudah mulai hujan lebat dan bergeser ke arah timur Kebumen kondisi hujan lebat ini mengakibatkan beberapa pohon tumbang yang di dominasi menutup jalan dan mengganggu lalulintas serta jaringan PLN.

Di Kecamatan Prembun dan Padureso angin ribut menyebabkan pohon roboh di sejumlah lokasi. Di Desa Terboso sebuah rumah makan ambruk diterjang angin puting beliung. Di Desa Sembir Kadipaten dan Pesuningan pohon tumbang menutup jalan.

Pohon-pohon yang tumbang itu banyak yang menimpa jaringan PLN, sehingga terjadi gangguan di beberapa desa. Namun ditangani dengan segera dan menyala kembali. Untuk pohon-pohon yang tumbang dibersihkan petugas BPBD dan warga sekitar secara gotong-royong.