MAGELANG, SM Network – Seluruh Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menandatangani kesepakatan yang tertuang dalam Pakta Integritas. Tanda tangan dilakukan dalam momen “Susu Morning” di Plaza BPJamsostek, Jakarta, Jumat (12/3).SM

Momen ini dilakukan guna memulai 100 hari pertama jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJamsostek yang ingin memastikan segala sesuatu yang dilaksanakan berdasarkan norma dan integritas tinggi. Sekaligus wahana informasi untuk bertukar pikiran dan informasi guna membangun harmoni kerja yang baik.

Pakta integritas ini juga dibuat agar seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas memahami serta mematuhi kesepakatan yang tertuang dalam Peraturan Direksi BPJS Ketenagakerjaan No Perdir/01/012021 tentang Pedoman Tata Kelola Yang Baik BPJS Ketenagakerjaan, sesuai ketentuan dari Peraturan Presiden No 25/2020 tentang Tata Kelola Badan PenyelenggaraJaminanSosial.

Direktur Utama BPJamsostek, Anggoro Eko Cahyo dalam keterangan persnya mengatakan, seluruh jajarannya dan Dewan Pengawas wajib mematuhi aturan dan etika yang berlaku dalam melaksanakan tugasnya.

Peraturan Direksi ini, katanya, akan menjadi “Board Manual” bagi seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas. Tujuannya untuk menjadi rujukan atau pedoman penerapan tata kelola baik yang konsisten dan berkelanjutan dalam setiap kegiatan operasional maupun non-operasional pada seluruh jenjang organisasi.

“Ini merupakan pondasi untuk kami melangkah hingga 5 tahun kedepan, juga untuk menjaga soliditas seluruh insan BPJamsostek. 100 hari pertama ini sangat menentukan dan memiliki Board Manual itu sangat penting dalam melaksanakan tugas kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas BPJamsostek, Muhammad Zuhri menuturkan, pihaknya akan mengawasi dan memberikan saran serta masukan kepada Direksi dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya.

“Dewan Pengawas dan Direksi ini ibarat mobi ldobel gardan yang menuju tujuan yang sama. Jadi, harus bekerjasama agar kinerjanya dapat maksimal dalam menjalani tantangandi depan,” tuturnya.

Menurutnya, melalui kegiatan informal seperti Susu Morning ini bisa menjadi ajang diskusi positif antara Dewan Pengawas bersama Direksi, jajaran direktorat bahkan hingga tenaga keamanan dan petugas kebersihan.

“Hari ini merupakan momen, di mana tidak semua pertemuan harus dilakukan secara formal melalui rapat atau sejenisnya. Kegiatan informal seperti ini pun bisa menjadi efektif. Pakta integritas ini menjadi kontrak moral kita bersama dalam menjalankan amanah dan mandat UU BPJS,” jelasnya.

Momen itu, imbuh Zuhri, juga merupakan langkah pihaknya mengukir janji untuk selalu menjunjung tinggi profesionalitas dan integritas untuk menjaga institusi ini dalam memberikan perlindungan dan memastikan kesejahteraan bagi pekerja Indonesia dan keluarganya.

Tak hanya jajaran Direksi dan Dewas yang melakukan konsistensi dalam menjaga integritas seluruh insan BPJamsostek, di jajaran kantordaerah, seluruh insan wajib menandatangani pakta intergitas secara terus-menerus sesuai dengan lokasi atau penempatan kerja mereka.

“Kami dituntut untuk selalu mejaga intergitas dan tetap menjaga kualitas pelayanan kepada peserta tetap prima dan ekselen sebagai bentuk apresiasi institusi kepada peserta yang telah mempercayakan iuran jaminan sosial ketenagakerjaan kepada BPJamsostek,” ungkap Kepala BPJamsostek Magelang, Budi Santoso.