Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Tinjau Pelayanan Lapak Asik di Daerah

MAGELANG, SM Network – Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak di berbagai lini masyarakat. Lonjakan perekonomian hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh sejumlah perusahaan pun tak luput dari imbas adanya corona. BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sebagai mitra pelayanan masyarakat juga telah menerapkan pelayanan baru yaitu Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) sejak bulan Maret lalu. Dimana peserta diarahkan untuk mengklaim melalui antrian online. Layanan tersebut dapat diakses melalui website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Untuk memastikan pelayanan Lapak Asik Offline berjalan dengan baik serta tetap sesuai dengan menggunakan protokol kesehatan, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Agus Susanto melakukan peninjauan langsung di Kantor Cabang BPJamsostek Magelang, bersama dengan Direktur Pelayanan, dan Direktur Renstra IT, Selasa (16/6).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah guna memastikan operasional dan pelayanan di tengah pandemi ini berjalan normal sebagaimana mestinya sesuai protocol kesehatan yang telah ditetapkan. “Alhamdulillah, kami melihat sendiri dari cabang-cabang yang ada di wilayah Jawa Tengah, dan yang ada di Magelang ini telah menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan disiplin serta operasional layanan disini berjalan dengan baik” ujar Agus.

Menurutnya ditengah pandemi ini harus disesuaikannya beberapa aspek, diantaranya aspek pelayanan, aspek operasional terkait isu kesehatan keselamatan peserta dan karyawan BPJamsostek untuk dapat mengatur kontak dengan memberikan layanan tanpa kontak fisik. Disamping itu, terkait isu yang terkait dengan peningkatan jumlah pekerja yang ter-PHK sehingga dimungkinkan akan terjadi lonjakan klaim besar di BPJamsostek.

Lebih lanjut, dengan begitu pihaknya mulai bersiap-siap guna mengantisipasi hal tersebut, dengan memastikan BP Jamsosteksiap memberikan layanan kepada seluruh peserta. Saat ini pihaknya telah menyiapkan untuk menghadapi banyaknya klaimdan penerapan protocol kesehatan. BPJamsostek memperkenalkan tiga kanal, yaitu layanan online, layanan offline, dan layanan kolektif.

Dengan layanan online, peserta dilayani melalui media online secara total dari tahapan awal pendaftaran, hingga selesai termasuk dalam mengupload data tanpa ada pertemuan fisik yang biasa disebut Lapak Asik. Petugas pun akan memverifikasi secara online dengan video conference. Disediakannya layanan kolektif diharapkan untuk HRD perusahaan yang berskala besar dan menengah untuk turut membantu menguruskan klaim dan memfasilitasi tersebut secara kolektif ke BPJamsostek.

Selain itu, layanan secara offline dimana peserta datang dan dilayani tanpa kontak fisik yang dilayani dengan layar monitor dan berinteraksi dengan customer Service.

Harapannya meskipun BPJamsostek telah menyediakan kanal klaim offline. Namun, tetap disarankan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah dan menggunakan kanal online yang telah disediakan jika akan mengklaim. Sebab prosesnya lebih mudah dan mengurangi resiko potensi terpapar Covid-19.


(Rin)

5 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

Tinggalkan Balasan