SM/Adib Annas Maulana - RAPAT : DPRD menggelar rapat bersama Pemerintah Kabupaten Wonosobo terkait penanggulangan Covid-19, Senin (30/3). Dirasa Belum Cukup, DPRD Minta Anggaran Penanganan Covid-19 Ditingkatkan

WONOSOBO, SM Network – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo mengajukan anggaran senilai 17 Miliar untuk penanggulangan Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai bencana nasional.

Dalam rapat koordinasi terkait teknis anggaran dalam menyikapi Virus Covid-19 yang dihelat di ruang rapat utama DPRD Wonosobo, Senin (30/2), DPRD menilai, anggaran tersebut belum cukup dan perlu ditingkatkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo mengatakan, DPRD mendorong agar anggaran yang telah diusulkan sebesar 17 Miliar untuk ditingkatkan kembali terutama untuk jaring pengaman sosial dan pemenuhan Alat Pelindugng Diri (APD) di posko screaning kesehatan.

“Anggaran belum fix. Teman-teman di DPRD responya sangat positif dan saya sudah laporan ke Bupati, dan Bupati menyetujui peningkatan anggaran sehingga penanganan virus corona bisa lebih di fokuskan,’ jelasnya.

Andang menjelaskan, besaran anggaran yang ditetapkan salah satunya dipersiapkan untuk jaring pengaman sosial apabila terjadi krisis ekonomi. Apabila nantinya terjadi karantina wilayah, jaring pengaman sosial tersebut akan digunakan untuk memberikan bantuan pangan non tunai dan bantuan pangan tunai.

“Apabila krisis ekonomi terjadi, ada warga yang butuh makan Pemda kan harus bertanggung jawab. Apabila karantina wilayah Pemda harus bertanggungjawab terhadap kebutuhan pokok warga. Kita berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan langkah-langkah strategis, doakan saja semoga Wonosobo aman,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan, DPRD mendukung sepenuhnya kegiatan Pemkab untuk menangani penyebaran Covid-19 di Wonosobo, khususnya dari sisi anggaran dengan skema penggeseran kegiatan dan penundaan kegiatan. Anggaran tersebut lebih difokuskan untuk antisipasi penanganan, baik untuk penyediaan APD dan antisipasi ketahanan pangan.

“Kita mendukung penuh langkah Pemkab untuk mencegah penyebaran Covid-19. Anggaran itu menjadi prioritas untuk antisipasi penanganan akibat dampak yang ditimbulkan seperti ketahanan pangan,” jelasnya.


Adib Annas M

1 KOMENTAR