Dipimpin Wakil Bupati, Pemkab Kebumen Bantuk Satgas Virus Corona

KEBUMEN, SM Network – Pemkab Kebumen telah menyiapkan anggaran serta membentuk tim satuan petugas (Satgas) guna percepatan penanganan virus corona. Tim Satgas yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto itu melibatkan lintas sektor baik dari unsur pemerintahan, TNI, Polri, Dinkes, BPBD, serta beberapa instansi terkait dalam menangkal penyebaran virus.

“Satgas sudah dibentuk, melibatkan unsur medis dan non medis ada unsur surveillance (pengawasan) dan penanganan juga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dokter Dwi Budi Satrio¬†¬†usai video conference dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Selasa (17/3/30).

Meski belum menentukan nominal jumlah, akan ada anggaran yang diperuntukan guna penanganan virus corona. Nantinya, anggaran tersebut akan digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang medis. Selain itu juga digunakan untuk membeli barang medis habis pakai apabila terdapat lonjakan pasien.

Rencana KegawatdaruratanSelain itu, pihaknya telah melaksanakan rencana kegawatdaruratan. Antara lain perluasan tempat isolasi sebanyak tujuh ruang. Saat ini ruang isolasi dikebut untuk melengkapi sarana dan prasarana.

Lebih lanjut, dokter Budi Pihaknya menekankan agar jalur komunikasi antara pimpinan rumah sakit yang selalu rapat sampai dengan front office yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Dengan demikian, kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 sampai pada pelaksana di garda depan.

“Kita rapat berkali-kali, namun sampai di pintu paling depan masih bermasalah,” kata Budi Satrio. Usai melakukan video confrence dengan Gubernur, Bupati Yazid Mahfudz bersama rombongan mengecek bangsal di RSDS Kebumen. Bangsal tersebut yang akan dijadikan sebagai tempat khusus untuk merawat pasien Corona.


Supriyanto

Tinggalkan Balasan