Dipamerkan, Taruna dan Taruni SMK 1 Puring Produksi Sabun

KEBUMEN, SM Network – Di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda, sabun ramah lingkungan produksi siswa atau Taruna dan Taruni SMK 1 Puring, Kebumen menjadi daya tarik tersendiri.

Sabun yang berguna untuk menerapkan protokol kesehatan korona itu pun dipamerkan di halaman sekolah pelayaran tersebut, bersamaan dengan helatan Nasmoco Go To School SMK 1 Puring, Rabu (22/7).

“Selain sabun cuci tangan, juga diproduksi sabun cuci pakaian,” ucap Kepala SMK 1 Puring, Rokhayatun di sela-sela kegiatan tersebut.

Hadir perwakilan Nasmoco Magelang
Firdaus Subkhan, Kepala Bengkel Nasmoco Magelang Windarto
serta Sumartoyo dan Roy Herdianto selaku koordinator kegiatan dan M Saludin selaku panitia bidang kerjasama eksternal.

Dikatakan Rokhayatun, produk sabun itu hasil kreativitas Taruna dan Taruni yang masuk tim Adiwiyata SMK 1 Puring. Dalam kesempatan tersebut juga dipamerkan kreativitas dari Taruna dan Taruni jurusan Kompetensi Keahlian Agro Bisnis Pengolahan Hasil Perikanan. Seperti sambal cumi, abon ikan dan bakso ikan.

“Adapun peluncuran kegiatan tersebut sebagai bentuk kerjasama intensif dengan dunia usaha dan dunia industri. Kali ini dengan PT Nasmoco Magelang,” terang Rokhayatun.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut untuk memaksimalkan peran SMK 1 Puring dalam menyiapkan siswanya menjadi calon tenaga kerja yang produktif, mandiri, kreatif dan inovatif.

Hal itu juga realisasi link and match antara dunia usaha dan dunia industri sesuai yang diarahkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Tindaklanjut kerjasama itu dilaksanakan uji kompetensi (skill paspor assessment) bagi Taruna Taruni jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). “Diharapkan Taruna dan Taruni SMK Negeri 1 Puring siap di dunia kerja dan terbiasa melaksanakan budaya industri di sekolah,” terang Rokhayatun.


Arif Widodo / K5

Tinggalkan Balasan