Dinkes Kebumen Gelar Simulasi Vaksinasi

KEBUMEN, SM Network – Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menggelar simulasi pengawasan, pengamanan dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Gedung Farmasi kantor setempat, Rabu (13/1).

Gelaran tersebut diawali dengan penyerahan vaksin Covid-19 oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah kepada Bupati Kebumen Yazid Mahfudz. Selanjutnya dilakukan pengecekan oleh petugas. Dan sebagian vaksin didistribusikan ke Puskesmas Pejagoan dan RS Permata Medika dengan mendapatkan pengawalan petugas dan aparat TNI-Polri.

Hadir jajaran Forkopimda, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Kebumen. Bupati Yazid Mahfudz dalam amanatnya mengingatkan ancaman Covid-19 yang belum usai. “Bahkan belakangan menunjukkan grafik yang membuat kita semua perlu meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Karena itu, masyarakat diminta tetap menjalankan protokok kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Yazid juga mengimbau agar masyarakat tak menolak pada saat akan divaksin. “Jangan sampai ada tenaga kesehatan, tokoh masyarakat dan aparatur pemerintahan tidak mau divaksin,” tegasnya.

Justru mereka harus membantu mengarahkan masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah. Lebih lanjut Yazid mengajak kerjasama aparat terkait dalam hal ini TNI dan Polri untuk melakukan pengawalan distribusi. Hal ini penting untuk memastikan keutuhan dan keamanan vaksin.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Dwi Budi Satrio menjelaskan, vaksinasi di Kebumen akan dilaksanakan secara bertahap. Di mana masing-masing tahapan diperkirakan membutuhkan waktu selama empat bulan. Pada tahap pertama yang direncanakan pada 14 Januari 2012 menyasar 6.793 tenaga medis dan pelayan kesehatan.

“Tahap awal kami berikan dulu untuk tenaga media dan pelayan kesehatan,” jelas Budi Satrio. Disebutkan, empat boks besar vaksin yang diterima dari provinsi segera akan dimanfaatkan sesuai tahapan penanganan penanggulangan covid-19 di Kabupaten Kebumen.

Tinggalkan Balasan