Dikecam Pertunjukan Musik Abaikan Protokol Kesehatan

TEMANGGUNG, SM Network – Pertunjukkan musik selebgram Woro Widowati yang digelar di wana wisara Wapitt, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Sabtu (15/8) dikecam warganet. Lantaran penonton yang datang berjubel dan mengabaikan protokol kesehatan, di masa pandemi Covid-19. Dikhawatirkan dari acara ini menjadi media penularan virus korona dan memunculkan klaster baru.

Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung AKBP Muhamad Ali mengatakan, terkait polemik itu sebenarnya sebelum diberi peringatan keras oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Temanggung, kegiatan musik yang dilaksanakan di objek wisata Wapitt Kecamatan Ngadirejo telah dihentikan sebelum selesai kegiatan.

“Ada petugas yang datang langsung ke lokasi, karena kondisinya sudah tidak mematuhi protokol kesehatan maka kegiatan musik di lokasi wisata itu langsung dibubarkan. Secara resmi kegiatan musik yang dilaksanakan pada Sabtu (15/7) malam tersebut memang tidak mengantongi izin. Pihak pengelola wisata hanya mengajukan izin untuk membuka kembali objek wisatanya, namun dalam izin yang diajukan tidak disertai dengan kegiatan tambahan,”ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (17/8) petang.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono mengatakan, mengatakan pihaknya telah menegur Keras Pengelola wisata alam Wapitt, yang menjadi tempat konser Woro Widowati. Selain itu, Pemkab Temanggung juga mengancam akan menutup lokasi wisata yang dikelola Anisa Galuh Setya Yulistyarini.

“Pengelola Wapitt tidak bisa menjalankan kesanggupannya dalam menjaga protokol kesehatan sehingga mengakibatkan tidak ada ketaatan dalam menjalankan protokol kesehatan yang sudah menjadi kesepakatan. Terhadap kejadian ini Gugus bertindak cepat dan tegas agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Apabila peringatan tertulis ini tidak diindahkan dan tidak dilakukan perbaikan maka akan dilakukan sanksi penutupan sementara,”katanya.

Dikatakan, dalam SE Bupati Temanggung 360/398 tahun 2020 tentang Panduan Pengendalian dan Pencegahan Covid 19 di Kabupaten Temanggung (lampiran V), point 1 disampaikan bahwa pada prinsipnya setiap objek wisata di Kabupaten Temanggung dapat beroperasi dan dibuka kembali untuk umum (terkecuali pemandian) tetapi dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Disebutkan pula bahwa kegiatan pentas seni dan sejenisnya (termasuk konser) masih belum diizinkan pelaksanaannya pada masa pandemi Covid-19.

Pengelola Wapitt Galuh sudah menyampaikan permintaan maafnya sebagai penyelenggara sudah melayangkan pemberitahuan ke Kapolsek Ngadirejo untuk menggelar live music. Upaya membendung penonton sendiri sudah dilakukan namun tidak berhasil karena terlalu banyak dan sangat antusias. Pada awalnya pihak Wapiit sudah melakukan protokol kesehatan seperti menyediakan kursi dengan menjaga jarak.

“Kami sampaikan acara itu bukan merupakan konser tapi acara rutin live musik di cafe kami dan sudah membrikan surat pemberitahuan kepada Kapolsek Ngadirejo. Mungkin ada beberapa kesalahan yang kami buat, kami tidak menyangka penonton yang datang banyak banget. Kami sudah berusaha menutup pintu gerbang tapi banyak yang lolos karena banyak akses,”katanya.

Permintaan maaf juga disampaikan oleh selebgram Woro Widowati yang menurturkan bahwa sebenarnya acara di Wapitt bukan kegiatan komersil. Akan tapi kebetulam sedang ada kegiatan di Temanggung lalu mampir ke Wapitt dan menyumbang lagu.

“Saya sama teman-teman memang sering malam mingguan di luar. Kebetulan Wapitt ada acara live music. Kami berinisiatif menyumbang lagu karena memang saat itu, pihak dari kami lagi di sana. Tidak ada yang berbau komersial, ini tulus dari kita buat menghibur teman, kami minta maaf,”katanya.


Raditia Yoni Ariya/K41

6 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

  4. 188630 817901A domain name is an identification label which defines a realm of administrative autonomy, authority, or control inside the Internet. Domain names are also critica for domain hostingwebsite hosting 291198

Tinggalkan Balasan