SM/Triyo Handoko - JALAN AMBLAS: Warga bersama pekerja kontrak Dinas Pekerjaan Umum Kota Magelang mengevakuasi reruntuhan matrial jalan yang amblas ke saluran irigasi, Rabu (10/3).

MAGELANG, SM Network – Hujan lebat yang terjadi pada Selasa (9/3) malam di Kota Magelang mengakibatkan tanggul penopang jalan amblas ke saluran irigasi Kali Manggis di RW IV Panjang, Magelang Tengah. Akibat dari kejadian tersebut, akses warga dari Jalan Majapahit ke Jalan Sriwijaya terpotong.

Lurah Panjang, Sony Suharto menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sementara kerugian ditaksir senilai Rp 20an juta.

“Saya dapat kabar dan langsung menuju lokasi jam 22.00 WIB, terus koordinasi dengan pihak terkait, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya di lokasi kejadian, Rabu (10/3).

Dia menjelaskan, jika tidak segera ditangani, amblasnya tanggul jalan bisa merembet ke sampingnya secara terus menerus. Selain karena hujan lebat, menurutnya, penyebabnya juga karena retakan pada jalan yang menyebabkan rongga di bawah jalan. Sehingga, air hujan masuk ke tanah dan mengikisnya.

Sementara itu, Mandor Dinas PU Eko Denny pada Rabu pagi (10/3) langsung meninjau lokasi kejadian. Bersama pekerja kontrak Dinas PU, Denny menyebutkan akan segera mengevakuasi matrial reruntuhan jalan.

“Kami akan reruntuhan matrial jalan supaya tidak membuat mampet saluran irigasi” jelas Denny.

Setelah mengangkat reruntuhan matrial, Denny menyebutkan akan segera membuat tanggul darurat. “Tanggul darurat ini berupa karung pasir yang ditumpuk dengan penahan bambu,” terangnya.

Kemudian, Denny menyebutkan Dinas PU akan segera merehabilitasi jalan dan tanggul tersebut. “Sedang disiapkan model seperti apa yang digunakan untuk rehabilitasi supaya kejadian serupa tidak terulang,” pungkas Denny.