Dieng Mulai Dipadati Wisatawan

WONOSOBO, SM Network – Meski belum dibuka, sejumlah wisatawan mulai padati komplek wisata Dieng, Minggu (21/6). Berbagai wisatawan baik lokal maupun luar kota mulai terlihat menuju arah Dieng sejak Minggu pagi. Tak hanya sekadar menikmati keindahan Dieng, beberapa wisatawan bahkan membawa sepeda yang kini tengah digandrungi masyarakat untuk aktifitas olahraga di tengah pandemi Covid-19.

Beberapa wisatawan terlihat mengendarai sepeda dari arah Kota Wonosobo menuju arah Dieng. Namun tak sedikit pula yang menaikkan sepeda mereka menggunakan alat transportasi umum dan mulai digunakan ketika sudah berada di Dieng. Warga Dieng, Ulul Albab (21) mengatakan, meski belum ada tempat wisata yang dibuka namun banyak wisatawan yag mulai datang untuk sekadar melihat pemandangan Dieng. Menurutnya, sudah sejak seminggu lalu banyak wisatawan yang kembali ke Dieng. Terlebih pada akhir pekan kenaikan jumlah wisatawan semakin terlihat.

“Banyak warga luar daerah yang mulai ke Dieng lagi. Paling kelihatan kalau akhir pekan seperti ini,” jelasnya saat di wawancarai, Minggu (21/6).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo menegaskan bahwa tempat wisata sementara ini belum dibuka. Aturan mengenai penerapan new normal serta protokol kesehatan yang wajib dipatuhi sedang dipersiapkan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Meski kondisi Wonosobo mulai memasuki zona hijau dengan pasien positif Covid-19 tinggal tiga orang Andang menegaskan, masyarakat tidak boleh lengah dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Pandemi ini belum berakhir, jangan sampai nantinya ada cluster baru lagi yakni cluster wisatawan. Maka dari itu masyarakat harus tetap disiplin. Kunci mencegah penularan covid ini ya disiplin,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wonosobo mulai masuk zona hijau dengan risiko penularan Covid-19 rendah. Dari data gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonosobo, Minggu (21/6) menunjukan tren penularan Covid-19 mulai melandai. Dari 83 pasien positif Covid-19, tinggal tiga orang yang belum dinyatakan sembuh dengan nol kasus meninggal dunia. Meski curva Covid-19 terus menurun, Andang mengingatkan masyarakat untuk tetap selalu pakai masker dan hindari kerumunan.


dib

Tinggalkan Balasan