Dicopot dari Jabatan Ketua Komisi B, Stin "Wadul" ke Badan Kehormatan

MAGELANG, SM Network – Buntut dari pencopotan jabatannya sebagai Ketua Komisi B DPRD Kota Magelang, Stin Syahyutri Soekisno yang kini hanya sebagai Anggota Komisi B “wadul” ke Badan Kehormatan (BK) DPRD. Namun, Stin baru sebatas menyampaikan secara lisan masalah tersebut kepada BK.

Stin mengaku, sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan adanya reposisi tersebut. Namun, sebagai anggota dewan ia menilai harusnya tetap berhak menerima surat dari DPC PDI Perjuangan kepada Fraksi PDI Perjuangan.

“Saya rasa lasan pencopotan tidak melalui mekanisme yang jelas. Seharusnya ada pemberitahuan kalau Fraksi PDI Perjuangan menerima surat itu dari DPC, terkait reposisi. Yang saya sesalkan, saya sendiri tidak diundang untuk membahas persoalan reposisi ini di tingkat fraksi. Padahal, saya masih menjadi bagian dari fraksi,” ujarnya.

Dia melihat, latar belakang dari reposisi ini juga tidak jelas. Sampai sekarang, ia mengaku tak mengetahui alasan dirinya dirotasi menjadi anggota komisi, bukan lagi ketua komisi.

“Saya berhak mendapat kejelasan dan alasannya, apa karena kinerja atau masalah lain. Harus ada kejelasan karena ini menyangkut lembaga, tidak hanya masalah suka dan tidak suka saja,” katanya.

Politisi partai berlambang banteng itu sendiri saat ini sedang berkonsultasi dan mengumpulkan bukti-bukti untuk melaporkan secara tertulis pencopotan sebagai Ketua Komisi B. Menurutnya, beberapa tata tertib kelembagaan DPRD diterabas oleh mekanisme pencopotan itu.

“Masih mengumpulkan bukti-bukti dan sebagainya. Pasti nanti melaporkan secara tertulis,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Magelang, Waluyo membenarkan, pihaknya mendapat aduan lisan dari anggota Komisi B, Stin Syahyutri Soekisno terkait masalah tersebut. Namun, pihaknya belum bisa menindaklanjuti, karena laporan masih berupa aduan lisan, belum tertulis.

“Betul, beliau ke Badan Kehormatan, cerita, wadul tentang pencopotannya. Belum kita tindaklanjuti, karena masih lisan. Misal mau secara resmi tertulis, siap kita tindaklanjuti,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Fraksi PDI Perjuangan Kota Magelang mengganti jabatan Ketua Komisi B DPRD dari semula Stin Syahyutri Soekisno menjadi Kevin Mahesa Amuwardhani.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kota Magelang, Joko Mei Budi Utomo menjelaskan, rotasi jabatan alat kelengkapan (Alkap) ini sesuai dengan instruksi DPC PDI Perjuangan dan tata tertib (Tatib) dewan.

“Mendasari surat intruksi DPC PDI Perjuangan Kota Magelang dan tatib dewan. Tidak cukup di situ karena dalam proses rotasi jabatan ini, kita sudah menempuh berbagai pertimbangan dan rapat internal. Termasuk rapat internal Komisi B DPRD Kota Magelang,” jelasnya.

Usai mendapatkan intruksi dari DPC, pihaknya lekas menggelar rapat fraksi. Disepakati Kevin Mahesa menjadi kandidat terkuat menggantikan Stin Syahyutri.

“Prosesnya cukup panjang. Setelah kita usulkan nama-nama, akhirnya kita berikan ke Komisi B. Kemudian, Komisi B menggelar rapat dan menyepakati bila Mas Kevin menjadi ketua komisi,” terangnya.