Di Wonosobo, Harga Masker Per Kotak Capai Rp 230.000

WONOSOBO, SM Network – Masker menjadi benda yang paling dicari saat ini karena merebaknya virus corona (covid-19). Di beberapa daerah, harga masker mendadak menjadi barang yang mahal harganya, apalagi seusai pengumuman presiden Jokowi mengenai adanya WNI yang terkena corona, beberapa hari lalu.

Hal yang sama terjadi juga di Wonosobo. Di mana ada pedagang yang menjual masker dengan harga Rp 230.000 per kotak, padahal selama ini harga jual hanya berkisar antara Rp 28.000 hingga Rp 30.000. Selain harganya mahal, masker kini susah didapatkan. Dari pantauan Suara Merdeka Rabu (4/3), masih terdapat penjual masker di Wonosobo meski sebagian besar apotek dan penjual lainya sudah tidak memiliki stok masker.

Salah satu penjual masker di Kecamatan Leksono yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, dirinya masih memiliki 30 kotak masker dengan merk Facemask. Masker yang ia miliki juga dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni 230 ribu per kotak. Pengelola apotek K24 di Jl. Veteran Kecamatan Wonosobo, Melia Sari Dewi mengatakan, harga masker kini kian menggila. Semenjak kelangkaan masker dari pihak distributor, harga masker sudah mencapai 250 ribu keatas.

“Sekarang stok dari distributor sudah habis, sebelumnya saya ditawari dengan harga mencapai 250 ribu per kotak, itu isinya 50. Terakhir saya ditawari malah harganya mencapai 650 ribu per kotak, yang tidak masuk akal lagi di toko online harganya mencapai jutaan rupiah,” jelasnya.

Mahalnya harga masker menurut Melia karena adanya oknum yang membeli masker dengan jumlah banyak lalu ditimbun. Kenaikan harga masker naik tajam dari harga semula berkisar antara 28 ribu hingga 30 ribu per kotak.

“Kenaikan ya karena banyak orang yang menimbun masker, buktinya di distributor resmi stok kosong tapi banyak yang menjual masker dengan harga mahal di sosial media,” pekiknya. Hal yang sama diungkapkan Desiana salah satu Petugas Apotek Ar-rayyan Kecamatan Leksono.

Kenaikan harga masker untuk semua jenis yang ada, baik masker sekali pakai atau jenis N95. Sebelum habisnya stok masker, harga masker dijual dengan harga sekitar 200 ribu per kotak.


Adib Annas M

1 Komentar

  1. 329151 994471This really is how to get your foot inside the door. 475532

Tinggalkan Balasan