Di Temanggung, Keluarga PDP Diberi Rp 100 Ribu Per Hari

TEMANGGUNG, SM Network – Ketua Satgas Gugus Covid-19 Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono mengatakan, pemerintah mengambil kebijakan untuk memberikan bantuan kepada keluarga pasien dalam pengawasan (PDP), yang dirawat di rumah sakit. Bantuan itu berupa uang tunai Rp 100 ribu per hari per keluarga.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung disamping melakukan pengobatan, juga memberikan bantuan Rp 100 ribu setiap hari kepada keluarga pasien dalam pengawasan (PDP). Alokasi dana untuk ini total ada Rp 84 juta berasal dari dana tak terduga. Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk membantu keluarganya,”ujarnya Kamis (26/3).

Menurut dia, jumlah 84 juta itu berasal dari dana tak terduga APBD yang total ada sebesar Rp 493.613.000, yang ditujukan untuk penanggulangan dan pencegahan covid-19. Sistem pemberiannya pun dijanjikan sangat mudah, asal sudah ada keterangan dari rumah sakit maka akan langsung diberikan.

“Kita buat mudah saja, tidak perlu surat permohonan, pokoknya ada data dan keterangan dari rumah sakit bahwa yang bersangkutan merupakan pasien dalam pengawasan (PDP), maka keluarganya kita beri bantuan uang tunai. Kami tegaskan bantuan ini hanya untuk warga Kabupaten Temanggung atau yang ber KTP Temanggung,”katanya.

Pemberian bantuan itu, diukur dari skala ekonomi di mana pasien atau keluarganya akan mengalami kesulitan perekonomian, sebab bisa saja yang bersangkutan adalah tulang punggung keluarga.


Raditia Yoni A

Tinggalkan Balasan