Di Magelang, KBM di Rumah Diperpanjang

MAGELANG, SM Network – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang memperpanjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah sampai 11 April 2020 mendatang bagi PAUD, TK, SD, SMP, dan Penyelenggara PKBM/Kursus se-Kota Magelang.

Hal ini dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 421.1/462/230 tertanggal 24 Maret 2020. 
Kepala Disdikbud Kota Magelang, Agus Sujito  mengatakan, SE dikeluarkan berdasarkan hasil evaluasi bahwa, KBM di rumah masih perlu diperpanjang untuk mengatasi penyebaran virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid) 19.

Maka, para guru melaksanakan tugas mengajar secara daring (dalam jaringan) dengan penugasan yang tidak memberatkan peserta didik. “Para peserta didik selama belajar di rumah, harus mengerjakan tugas, dan mengikuti pembelajaran daring yang diberikan oleh guru dan menghindari keluar rumah, kecuali kondisi sangat penting,” ujarnya, Kamis (26/3).

Dia menuturkan, kepala sekolah berkewajiban menyusun jadwal penugasan dan pembelajaran daring. Juga mengatur jadwal piket guru dengan jumlah sepertiga dari jumlah guru di sekolah. 
“Kepala sekolah juga wajib mengkondisikan keamanan sekolah selama peserta didik belajar di rumah,” jelasnya.

Sementara, para guru harus selalu memantau tugas yang diberikan secara daring kepada peserta didik dan mengumpulkan tugas-tugas sekolah sebagai salah satu bentuk penilaian.
“Guru-guru wajib membuat laporan tentang hasil penugasan disertai hasil penilaian, “ tandasnya.

Tidak hanya itu, dalam kondisi ini baik Kepala Sekolah maupun Guru secara individu juga harus meningkatkan kompetensinya baik terkait dengan IT maupun kompetensi lainnya.
“Kepala sekolah dan guru secara individu supaya berlatih menyusun karya publikasi ilmiah dan karya inovatif serta hasilnya dilaporkan kepada Dinas (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Red) melalui Pengawas,” tambahnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan