Di Jateng, Ada Satu Calon Perseorangan yang Lolos Pendaftaran Pilkada

SEMARANG, SM Network – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan tahapan penyerahan berkas dukungan bagi calon perseorangan yang ingin bertarung di Pilkada Serentak 2020. Hasilnya, ada 21 pasangan yang berasal dari 17 kabupaten/ kota di Jateng.

Sementara empat wilayah lainnya nihil penyerahan mandat calon perseorangan, yakni Grobogan, Wonosobo, Kota Magelang, dan Kota Pekalongan. Tahapan penyerahan berkas dukungan bagi calon perseorangan dilakukan pada 19-23 Februari 2020. Bagi mereka yang dinyatakan diterima dan memenuhi syarat, maka mendaftar di KPU Juni nanti bersama dengan pasangan calon yang diusung partai politik.

Komisoner KPU Jateng Diana Ariyanti menjelaskan, dari 21 pasangan tersebut, baru satu pasangan yang statusnya diterima, yakni Bagyo Wahyono-FX Suparjo dari Surakarta yang telah menyerahkan 36.006 berkas dukungan.

PU saat ini masih proses verifikasi berkas dukungan bagi empat pasangan lain, yakni Said-Mat Solekan (Kabupaten Demak), Suyanto-Efra Royani (Kendal), Muhammad Ali- Achmad Abu Jazid (Solo), dan Slamet Riyanto-Suyanto HS (Purworejo).

”Dari 21 Kabupaten/Kota, baru pasangan Bagyo Wahyono – FX Suparjo di Kota Surakarta yang telah menyerahkan dan statusnya diterima. Empat lainnya, masih proses penghitungan (berkas dukungan),” kata Diana, Senin (24/2).

Untuk di kabupaten/kota lainnya, dipastikan tidak ada pasangan perseorangan. Ada beberapa alasan penyebab, yakni ditolak karena tidak memenuhi jumlah syarat dukungan (2 pasang), menarik dukungan (5 pasang), batal menyerahkan dukungan (3 pasangan), tak menyerahkan dukungan (6 pasangan).

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat mengatakan berkas dukungan dan jumlah KTPsebagai bukti dukungan telah ditentukan, namun jumlahnya per kabupaten/kota berbeda dan disesuaikan dengan banyak sedikit jumlah pemilih di daftar pemilih tetap sebagaimana pemilu sebelumnya. Saat ini masih verifikasi administrasi dan faktual.

Selain tahapan penyerahan berkas dukungan bagi calon perseorangan, KPU telah menyelesaikan proses perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Mereka yang terpilih akan dilantik pada 29 Februari 2020. Sementara untuk perekrutan PPS masih tahap pendaftaran, namun untuk pelantikan ditetapkan 23 Maret 2020.

Maret nanti, setelah dibentuk PPK dan PPS, akan dilakukan pemutakhiran data pemilih. Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Akan dibentuk panitia untuk melakukan pengecekan. 


(H81-41)

3 Komentar

  1. 414558 525131Incredible! This blog looks just like my old 1! Its on a totally different subject but it has pretty a lot exactly the same layout and design. Great choice of colors! 838419

  2. 523466 547755Hi, Neat post. Theres a issue along together with your website in web explorer, could test this IE nonetheless could be the marketplace leader and a very good portion of men and women will omit your exceptional writing because of this difficulty. 873720

  3. 894310 419061 I discovered your blog site on google and check some of your early posts. Continue to keep up the quite excellent operate. I just additional up your RSS feed to my MSN News Reader. Seeking forward to reading much more from you later on! 644334

Tinggalkan Balasan