Di Gelora Sanden Ada Fitnes Gratis dari Pemkot Magelang

MAGELANG, SM Network – UPT Gelora Sanden Kota Magelang mulai memfungsikan alat fitnes outdoor di kawasan GOR Samapta. Masyarakat pun sudah bisa memanfaatkannya secara gratis sebagai pelengkap fasilitas olahraga di kawasan Gelora Sanden, Kelurahan Kramat Selatan ini.

Kepala UPT Gelora Sanden, Bayu Saputro mengatakan, kawasan pusat olahraga di wilayah Kecamatan Magelang Utara ini terus dikembangkan. Selain menambah fasilitas fisik tempat olahraga, juga menghadirkan alat olahraga fitnes di luar ruangan yang bisa digunakan masyarakat.

“Pengembangan ini dengan tujuan makin meramaikan kawasan Gelora Sanden sebagai tempat berolahraga masyarakat. Setelah renovasi GOR Samapta, membuka lapangan tenis indoor dan outdor, kini giliran fasilitas fitnes luar ruangan yang kita buka,” ujarnya di kantornya, Senin (24/2).

Dia menuturkan, alat fitnes yang dipasang di area depan GOR Samapta ini terdiri dari lima jenis. Antara lain doble shit-up board yang bermanfaat untuk melatih otot perut, bycycle/sepeda untuk otot kaki, dan aliptical macine yang berguna untuk melatih otot kaki dan lengan.

Berikutnya latpull down to shit untuk melatih otot dada dan bahu serta alat fitnes airwalker untuk melatih otot kaki. Alat-alat ini memang dirancang untuk aktivitas fitnes luar ruangan yang produknya diimpor langsung dari Jerman.

“Barangnya berkualitas bagus dan dijamin awet. Di setiap alat terpasang informasi nama, cara pemakaian, dan kegunaannya. Alat ini jelas untuk mendukung aktivitas sehat masyarakat selain aktivitas lainnya, seperti bersepeda, joging, dan lainnya,” katanya.

Bayu menambahkan, alat ini sebenarnya sudah ada anggarannya sejak tahun 2019 lalu sebelum ia menjabat sebagai Kepala UPT Gelora Sanden. Namun, baru bisa dieksekusi saat ini melihat kebutuhan di kawasan Gelora Sanden makin meningkat.

“Alat ini total ada 10 unit. Tadinya semua akan dipasang di kawasan Alun-alun, tapi saya berusaha agar ada yang bisa ditempatkan di Gelora Sanden. Akhirnya bisa kita pasang lima unit dan rencana akan tambah satu unit lagi,” jelasnya.

Dengan adanya alat fitnes ini, katanya, diharapkan masyarakat makin banyak beraktivitas olahraga di area Gelora Sanden. Di kawasan ini sendiri sudah ada stadion, kolam renang, lapangan tenis, dan GOR Samapta yang bisa untuk banyak jenis olahraga.

“Untuk upaya pemerintah dalam melayani masyarakat secara maksimal. Olahraga tidak hanya di hari minggu saja, tapi juga di hari biasa, salah satunya dengan fitnes ini. Kami senang kalau masyarakat banyak berolahraga di Gelora Sanden, karena kawasan ini akan semakin hidup,” paparnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan