Dewan Heran Bandara Belum Punya Rapid Test

YOGYAKARTA, SM Network – Wakil rakyat dari DPRD DIY heran Bandara Internasional Yogyakarta yang baru belum memiliki fasilitas rapid test. Hal itu terungkap saat Komisi C DPRD DIY melakukan kunjungan kerja ke Bandara Internasional Yogyakarta, (NYIA) Kulonprogo.
Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komisi C Gimmy Rusdin Sinaga melihat kesiapan pihak Angkasa Pura mengantisipadi penyebaran Covid-19. Mereka bertemu langsung Kepala Angkasa Pura 1, Agus Pandu Purnama beserta jajaran di pintu masuk kedatangan.

”Harusnya pemerintah segera menyediakan alat rapid test mengingat Bandara Internasional Yogyakarta merupakan salah satu pintu masuk ke wilayah DIY dari seluruh Indonesia dan berbagai negara,” tandas Gimmy.

Ia menegaskan mendesak pihak gugus tugas melengkapi posko yang ada di bandara dengan rapid test. Dengan rapid test segera akan diketahui seseorang berpotensi membawa virus atau tidak sehingga bisa segera diambil tindakan lebih lanjut.

Ikuti Prosedur

Agus di depan wakil rakyat menjelaskan sebagai bandara Internasional pihaknya telah siap melakukan prosedur protokol kesehatan yang telah di canangkan pemerintah Setiap penumpang pesawat yang masuk maupun keluar harus melalui serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui apakah calon penumpang tersebut tidak membawa virus corona,

”Kami punya alat thermal scanner di pintu masuk sehingga setiap orang yang melewati pintu akan terdeteksi suhu panas badannya. Jika melewati ambang batas suhu yang telah ditentukan, penumpang atau calon penumpang harus melewati protocol kesehatan selanjutnya,'” ujar Agus Pandu. Ia menambahkan pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi lainnya guna melengkapi syarat perjalanan bagi calon penumpang karena bandara belum mempunyai alat rapid test.

Mengenai trafik penerbangan, ia menjekaskan belum padat, sehari hanya ada enam hingga tujuh penerbamgan dengan jumlah kedatangan 50 orang per harinya. Petugas akan melakukan pemeriksaan surat yang menjadi syarat perjalanan, seperti surat tugas dan surat kesehatan diri yang dikeluarkkan instansi terkait.


Agung PW

3 Komentar

  1. 337401 185371Some truly interesting info , well written and broadly speaking user pleasant. 399111

  2. 963429 326301Outstanding post, I think individuals really should learn a lot from this internet site its rattling user genial . 108065

  3. 11798 907860I believe this web site contains quite superb composed articles posts . 880085

Tinggalkan Balasan