Desa Jatirejo Didorong Jadi Edu Wisata Gula Jawa

PURWOREJO, SM Network – Desa Jatirejo dengan segala potensi pertanian perkebunan kelapa didorong menjadi Edu Wisata Gula Jawa (Gula Kelapa). Dorongan berupa program pemberdayaan masyarakat tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa Tim Java Gendhis Universitas Muhammadiyah Purworejo (Javadhis UMP).

Tim Javadhis UMP merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Purworejo (UKM Sainstek UMP) dengan bermitra dengan Lembaga Pelatihan Desa (LPD) Jambe Mule dan Rumah Mangrove.

Ketua Tim Javadhis, Lailatus Sa`adah, mengungkapkan bahwa berbagai macam program dilakukan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat di Desa Jatirejo, Kecamatan Kaligesing tersebut. Antara lain pengembangan inovasi produk berupa stik gula jawa, biskuit gula jawa, dan permen gula jawa.

Tim juga memberi pelatihan budidaya teknik modern untuk meningkatkan produktivitas nira dan pendampingan pembentukan Kelompok Tani Gula Jawa Jatirejo Manis (Janis). Di samping itu, tim juga membuat aplikasi e-commerce berbasis android untuk menunjang pemasaran gula jawa.

“Semoga ke depan Desa Jatirejo menjadi desa yang maju dengan paket edu wisata terkenal di Kabupaten Purworejo ini,”ungkap Lailatus Sa`adah, Jumat (25/9).

Kepala Desa Jatirejo, Suparji, mengatakan program tersebut dapat meningkatkan Desa Jatirejo dengan pengelolaan BUMDes. “Banyak eduwisata yang belum tergali yang ke depannya dapat semakin dimaksimalkan untuk mendukung,” katanya.

Dosen Pembimbing Tim Mahasiswa, Jeki Wibawanti, menyampaikan bahwa program ini merupakan bentuk kerjasama kolaborasi akademisi, praktisi, dan kelompok masyarakat melalui pelatihan bersama. Program ini membawa mahasiswa terjun ke desa, yakni Desa Jatirejo dengan pemberdayaan inovasi gula jawa.

Selain itu, juga melakukan budidaya kelapa secara modern, serta pengembangan e-commerce dan prototipe alat pengambil nira. “Juga bekerja sama dengan berbagai pihak yang nantinya ada edu wisata, kemudian kolaborasi akademisi praktisi, sehingga semoga menghasilkan program yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Rektor UMP, Rofiq Nurhadi, berharap program ini dikembangkan untuk pemberdayaan masyarakat desa dalam pengelolaan gula jawa, mulai dari penanaman, pengolahan hasil, hingga pemasaran. “Syukur-syukur Desa Jatirejo ini dapat dikembangkan menjadi destinasi baru edu wisata gula jawa,” imbuhnya.

3 Komentar

  1. 627809 441234I recognize there is a great deal of spam on this internet site. Do you want aid cleaning them up? I might assist in between courses! 937873

  2. 553189 414048amazing post, quite informative. I wonder why the other experts of this sector do not notice this. You must continue your writing. Im positive, youve a terrific readers base already! 860315

  3. 172606 942720I think one of your advertisements triggered my internet browser to resize, you may want to put that on your blacklist. 658335

Tinggalkan Balasan