Demam Berdarah Siklus Lima Tahunan

TEMANGGUNG, SM Network – Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Sukamsih, mengatakan, sampai akhir Januari lalu demam berdarah dengue (DBD) masih merebak di Temanggung di mana lebih dari 100 orang dirawat di rumah sakit.

Akan tetapi dari catatan dinas hal ini merupakan siklus lima tahunan. “Maraknya kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Temanggung pada awal tahun 2020 ini merupakan siklus lima tahunan. Jadi setiap lima tahun sekali dipastikan DBD di Temanggung selalu terjadi dan dengan jumlah kasus yang banyak,”katanya kemarin.

Kendati demikian, muncul banyaknya kasus DBD juga karena ada faktor kelalaian dari masyarakat dalam menjaga dirinya sendiri. Saat cuaca seperti saat ini di musim pengghujan seharusnya memperhatikan daya tahan tubuh dengan asupan makanan bergizi, istirahat teratur dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Biasanya, sebelum datang musim penghujan masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk, akan tetapi pada akhir tahun 2019 sepertinya lengah tidak melakukan itu hingga akhirnya muncul kasus DBD. Pemeriksaan jentik nyamuk yang biasanya juga dikakukan sepekan sekali juga tidak dilaksanakan,”katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung Suparjo, sebelumnya mengatakan, nyamuk aedes aegypti akan berkembang biak dengan cepat pada saat memasuki musim penghujan. Telur nyamuk akan lebih cepat menetas apabila terkena air hujan. Maka kemunculan DBD pun sebenarnya sudah bisa diprediksi, tinggal bagaimana masyarakat menghadapinya.

“Kalau musim penghujan tiba pasti muncul DBD, tapi sebenarnya langkah pencegahan paling tepat itu bukan fogging. Lebih baik itu adalah upaya pencegahannya, yitu menguras, mengubur, dan menutup ini untuk memutus siklus hidup nyamuk,”katanya.


Raditia Yoni A

6 Komentar

  1. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  2. 908627 304127Yay google is my king aided me to find this outstanding internet site! . 109005

  3. 834083 169024This really is a fantastic internet page, could you be interested in doing an interview about just how you created it? If so e-mail me! 334300

Tinggalkan Balasan