Dekranasda Sleman Bangkitkan IKM di Masa Pandemi

SLEMAN, SM Network – Industri kecil menengah (IKM) mendapat angin segar di masa pandemi ini, dengan diberikannya kesempatan untuk mengenalkan produk mereka di gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman. Gedung yang berada di Jalan Magelang km 10 ini baru saja pre-launching pada Rabu (29/7) lalu.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, gedung Dekranasda diupayakan mampu menampung sebanyak-banyaknya IKM. “Saat ini masih banyak ruang yang kosong. Pangsa pasar produk yang dijual tidak hanya domestik tapi juga internasional. Lewat promosi digital, semua menjadi tanpa jarak,” katanya.

Sleman memiliki potensi IKM yang besar. Jumlahnya tidak kurang dari 17 ribu, dan 200 diantaranya tergolong industri menengah. Dibukanya gedung itu di masa pandemi Covid-19 diharapkan bisa memberi semangat bagi pelaku industri untuk bangkit.

“Saya yakin, pelaku IKM sudah tidak sabar lagi untuk beraktivitas di tengah adaptasi kebiasaan baru. Mudah-mudahkan kehadiran gedung ini bisa memberi secercah harapan,” ucapnya.

Ketua Dekranasda Sleman Kustini Sri Purnomo mengungkapkan, pembangunan gedung tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menyatukan semua IKM yang ada. Kaum milenial juga akan dirangkul. “Di roof top nanti dibuat konsep kafe untuk tempat nongkrong anak muda, sembari mereka juga bisa mengenal produk hasil IKM lokal,” katanya.

Tidak mudah untuk memulihkan bisnis di masa pandemi yang berdampak terhadap melambatnya perekonomian. Untuk itu, Dekranasda telah menyiapkan langkah membantu promosi khususnya lewat media digital.

Kehadiran gedung ini disambut positif oleh Dekranasda DIY. Menurut Wakil Ketua Dekranasda DIY GKBRAy Adipati Paku Alam X keberadaan gedung yang sekaligus berfungsi sebagai showroom ini akan bermanfaat untuk promosi dan pengembangan pasar kerajinan di Sleman. Terlebih, masih banyak perajin tidak tertampung di showroom yang telah disediakan oleh pemerintah.


Amelia Hapsari

6 Komentar

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  3. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  4. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

  5. 407437 869773Our own chaga mushroom comes with a schokohutige, consistent, charcoal-like arrival, a whole lot of dissimilar to the style with the standard mushroom. Chaga Tincture 69528

Tinggalkan Balasan