Daya Tarik Curug Plumbon Reborn

KEBUMEN, SM Network – Curug Plumbon di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kebumen menyimpan keindahan alam nan memesona. Kini tempat wisata di desa setempat itu pun reborn (lahir kembali) dengan nama yang dikenal masyarakat sebagai Curug Cigalur.

Meskipun tempatnya cukup tersembunyi, yakni di balik rindangnya hutan jati dan pohon kelapa, curug tersebut banyak dicari masyarakat yang menginginkan berwisata di alam terbuka. Padahal lokasinya tidak terlalu jauh.

Untuk menuju Curug tersebut bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari depan SMP 1 Plumbon. Sekolah yang halamannya luas itu dapat dijadikan sebagai tempat parkir. Selanjutnya masyarakat setempat akan mengantarkan ke Curug Plumbon.

“Akan tetapi, karena belum dikelola secara maksimal, saat ini belum ada tiket masuk,” kata Kepala Desa Plumbon, Agus Wiyono.

Perjalanan yang menapaki bebatuan itu, pengunjung akan melewati anak sungai yang mengalir jernih yang dikelilingi pemandangan menakjubkan serta udara segar. Menurut Agus, dengan banyaknya pengunjung yang antusias datang ke Curug Plumbon, ke depan dari Pemerintah Desa akan mengembangkan potensi wisata yang ada Tentunya perlu persiapan yang matang, agar wisatawan bisa betah. Langkah awalnya akan dibuat penunjuk jalan, agar wisatawan tahu, bahwa di Desa Plumbon terdapat curug yang cukup menarik.

“Selama ini, sebagian besar pengunjung dari kalangan muda mudi,” ucap Agus.

Lebih lanjut, nantinya Pemerintah Desa Plumbon juga akan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), untuk mengelola dan mempromosikan kepada masyarakat Kebumen, agar potensi wisata yang ada bisa terus dikembangkan. Selain itu akses jalan akan segera diperbaiki, guna menunjang keamanan bagi para pengunjung.

Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu bisa menjadi ikon wisata di Kebumen dan melambungkan Desa Plumbon yang menarik wisatawan, baik lokal maupun wisatawan luar daerah. Sementara itu, salah satu pengunjung dari Pejagoan, Amalia mengaku mengetahui Curug Plumbon dari teman-temannya yang pernah berkunjung di tempat tersebut.

Ia yang kemudian mengunjunginya merasakan sejuknya udara dan air jernih. Di tempat itu pun banyak spot swafoto untuk diungfah di media sosial. Pengunjung lainnya dari Kalibagor, Bela Puspita mengaku mengunjungi Curug Plumbon untuk mencari objek wisata yang masih asri dan alami.

“Tempat tersebut cocok untuk berlibur. Selain bersih, udaranya juga cukup segar. Akan tetapi memang akses jalan, yang masih cukup sulit karena licin,” ungkapnya.

5 Komentar

  1. I was wondering if you ever thought of changing the page
    layout of your website? Its very well written; I love what youve got
    to say. But maybe you could a little more in the way
    of content so people could connect with it better.

    Youve got an awful lot of text for only having one or 2 images.
    Maybe you could space it out better?

  2. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to far added agreeable from you!
    However, how could we communicate?

  3. Hello! This post couldn’t be written any better! Reading through
    this post reminds me of my good old room mate! He always kept chatting about this.
    I will forward this post to him. Pretty sure he will have a
    good read. Many thanks for sharing!

  4. Link exchange is nothing else however it is only placing the
    other person’s web site link on your page at appropriate
    place and other person will also do similar in favor of you.

  5. What’s up, I wish for to subscribe for this
    website to take newest updates, therefore where can i do it please
    assist.

Tinggalkan Balasan