SM/Dian Nurlita - KONFERENSI PERS: Bupati Magelang bersama jajaran terkait lakukan jumpa pers penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Magelang. Perkembangan Terkini Jumlah Pasien Corona

MUNGKID, SM Network – Perkembangan terakhir jumlah ODP dan PDP sampai dengan pukul 15.00 WIB, Senin (14/4), untuk jumlah ODP di Kabupaten Magelang mencapai 234 orang dengan keterangan telah terjadi penurunan jumlah ODP sebanyak 62 orang (lepas pantau) dan penambahan ODP baru sebanyak 22 orang.

Data ODP sebelumnya 274 orang. Sementara jumlah PDP mencapai 29 orang dengan keterangan terjadi penambahan PDP baru satu orang. Data konfirmasi Covid-19 tidak ada penambahan konfirmasi baru, sehingga di Kabupaten Magelang masih terdapat 6 orang terkonfirmasi positif.

“Alhamdulilah sampai saat ini 2 orang pasien positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh,” katanya. Dari keseluruhan data tersebut, lanjut Zaenal, 26 PDP dirawat di lima rumah sakit yaitu, 10 orang di RSUD Tidar, delapan orang di RST dr. Soedjono, empat orang di RSUD Muntilan, tiga orang di RSJ dr. Soerojo, dan terdapat satu orang yang dirawat di RS dr. Oen Solobaru.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal juga menyampaikan apresiasinya kepada para Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, medis, Kepala Desa, RT/RW, relawan dan masyarakat yang telah membantu dalam proses pengurusan jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) sampai dengan pamakaman.

Menurutnya, pengurusan jenzah tersebut telah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan secara ketat dan dilaksanakan oleh petugas khusus yang berwenang. Seluruh APD (Alat Pelindung Badan) yang digunakan juga langsung dimusnahkan dengan cara dibakar sesuai protokol kesehatan. “Dipastikan aman bagi petugas maupun masyarakat. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu takut dan khawatir yang berlebihan,” tuturnya.

Sementara terkait langkah dan upaya Pemerintah Kabupaten Magelang yang segera diambil dalam waktu dekat diantaranya, penyiapan anggaran untuk penanganan Covid-19 yang telah tersedia sebesar Rp 44,7 miliar, peningkatan kapasitas rumah sakit untuk menangani pasien Covid-19, PDP maupun ODP yang sampi saat ini sudah disiapkan 141 tempat tidur, dan mencukupi penyediaan APD bagi para tenaga medis dalam penanganan wabah Covid-19.

Untuk perkembangan saat ini, Selasa (14/3), diketahui ODP di Kabupaten Magelang berkurang. Sebelumnya dari 234 orang kini menjadi 216 orang, dengan keterangan 29 orang lulus pantau dan penambahan 11 PDP. Sedangkan jumlah PDP, mengalami penambahan dua PDP baru. Namun satu PDP pulang dan satu lagi meninggal dunia, sehingga jumlah PDP tetap yakni 29 orang.

Dan jumlah pasien terkonfirmasi total masih 6 orang, pasien meninggal tambah satu menjadi 12 orang. Dan satu pasien PDP membaik, total PDP pulang dengan kondisi membaik sejumlah 48 orang. Dan pasien sembuh total 2 orang.


Dian Nurlita

1 KOMENTAR