SMN/dok - DAPUR UMUM: Sejumlah personel TNI dan Polri bersama-sama menyiapkan bumbu dan bahan-bahan untuk diolah di dapur umum yang didirikan untuk membantu suplai makanan bagi masyarakat yang terdampak langsung Covid-19.

YOGYAKARTA, SM Network – Kekompakan antara TNI dan Polri terus terjalin, termasuk saat penanggulangan dan penyebaran virus Covid-19. Di DIY, TNI-Polri kompak membuka dapur umum di dua lokasi.

“Bersama teman-teman TNI kami membuka dapur umum di dua titik, yakni di Demak Ijo dan Timur Jembatan Gondolayu Kota Jogja,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Jumat (17/4)

Menurut dia, virus Covid-19 yang sudah menjadi pandemi global sudah berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Kondisi tersebut yang menggerakkan Polda DIY dan TNI dalam hal ini Batalyon 403/Wirasada Pratista Yogyakarta membuka dapur umum. Mereka yang diterjunkan dalam dapur umum ini terdiri dari personel Brimob sebanyak 20 orang sedangkan dari TN sebanyak 1 pleton personel. Mereka memasak dan membagi nasi bungkus sebanyak 300 bungkus setiap harinya.

“Masyarakat yang mendapatkan adalah tukang becak, tukang sampah dan masyarakat yang kurang beruntung lainnya. Menunya ayam, lalapan, sambel, buah dan air mineral dengan kandungan gizi yang sudah ditentukan. Dapur umum ini akan terus dilaksanakan dengan melihat kebutuhan masyarakat,” jelas dia.

Keberadaan dapur umum ini pada Kamis (16/4), lanjut Kabid Humas, sudah ditinjau langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar.

“Selain membuka dapur umum bersama rekan-rekan TNI kami juga sudah melakukan beberapa kali penyemprotan disinfektan massal di seluruh lokasi di DIY,” tambah Yuliyanto.

Sementara itu Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072/Pamungkas Yogyakarta Mayor Arm Mespan Haryadi menambahkan, pembukaan dapur umum tersebut menunjukkan sinergitas antara TNI-Polri yang berada di Jogja untuk membantu Pemerintah Daerah DIY dalam menghadapi dampak yang ditimbulkan akibat adanya virus korona.

“Adanya dapur umum ini tentu untuk membantu meringankan hidup masyarakat yang terdampak langsung korona. Kami bersama Polri mengajak semua masyarakat untuk berdoa semoga situasi ini segera berlalu sehingga kita dapat melaksanakan kehidupan seperti sedia kala,” tandas Mespan.


Gading Persada

1 KOMENTAR