Dapat Nomor Urut, Masing-Masing Paslon Memaknai Tersendiri

PURWOREJO, SM Network – Tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purworejo 2020 resmi mendapatkan nomor urut setelah dilakukan pengundian dalam rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo di Ganesha Convention Hall Purworejo, Kamis (24/9).

Dalam pengundian, Paslon Agustinus Susanto-Rahmad Kabuli yang diusung PDIP, Partai Gerindra, dan PAN mendapat nomor urut 1. Kemudian, Paslon Kuswanto-Kusnomo yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PPP mendapat nomor urut 2. Sedangkan Agus Bastian-Yuli Hastuti yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PKS mendapat nomor urut 3.

“Hasil pengundian, salah satunya untuk surat suara, kemudian untuk daftar pasangan calon, karena nanti di setiap TPS kita akan memberikan daftar pasangan calon, juga untuk sosialisasi kita, dan kampanye mereka,” kata Anggota KPU Kabupaten Purworejo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Akmaliyah, seusai rapat pleno.

Lantaran dalam kondisi pandemi Covid-19, rapat pleno dilaksanakan dengan pembatasan peserta dan disiarkan secara virtual melalui media dalam jaringan (daring). Akmaliyah menjelaskan ada perubahan ketentuan mengenai peserta pengundian nomor urut Paslon. Semula sudah diatur pembatasan peserta rapat pleno pengundian, yakni hanya dihadiri pimpinan parpol, petugas penghubung, Paslon, dan boleh yang lain misalnya Forkopimda.

“Tapi tadi malam terbit PKPU Nomor 13 Tahun 2020, yang membatasi orang yang hadir ketika pengundian nomor urut ini di rapat pleno pengundian. Yang boleh hadir hanya Pasangan calon, LO (petugas penghubung) satu, dan Bawaslu dua orang,” sebutnya.

Selain itu, Paslon juga tidak boleh membawa pendukung. Menurut Akmaliyah, pihaknya

jauh-jauh hari juga sudah menghimbau kepada pasangan calon agar tidak membawa pendukung ke acara pengundian. “Karena pendukung bisa melalui youtube saja menyaksikannya,” tuturnya.

Mengenai nomor urut yang diperoleh, masing-masing Paslon memaknainya tersendiri. Dengan nomor urut 1 yang didapat, Agustinus Susanto mengatakan bersyukur kepada Tuhan karena sudah mengabulkan impiannya, dimana sejak awal ia memiliki impian untuk menjadi orang nomor satu.

“Hari ini dibuktikan bahwa doa saya terkabulkan, karena satu yang dimaksud adalah satu kekuasaan, Tuhan itu satu, jadi hari ini saya sudah dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa bersama saudara Kelik Rahmad Kabuli,” katanya.

Kuswanto mengatakan, setelah pelaksanaan pengundian ini menjadi jelas bagi para pemilih nanti. Menurutnya, ini merupakan salah satu pilihan, semua ada hikmahnya dan semua membawa berkah yang baik untuk semua. Ia pun memaknai tersendiri nomor urut 2. “Kalau kita niat bersama, ya satu buka, dua coblos, tiga tutup,” katanya.

Sementara Kelik Susilo Ardani selaku Ketua Tim Pemenangan Paslon Agus Bastian-Yuli Hastuti yang datang mewakili Agus Bastian karena sakit, mengatakan bahwa semua nomor baik. Namun Paslon Agus Bastian-Yuli Hastuti mempunyai sejarah tersendiri dengan nomor 3.

“Alhamdulillah, semua nomor baik, hanya Bayu (Agus Bastian-Yuli Hastuti) punya sejarah kalau dari pemilihan langsung pertama 2004 selalu nomor 3, dan 2020 kita juga nomor 3,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan