Danjen Akademi TNI Minta Pemkot Kembali ke Kantor Lama

MUNGKID, SM Network – Setelah beberapa waktu lalu sempat geger halaman Pemerintahan Kota (Pemkot) Magelang dipasangi patok aset milik Akademi TNI, Danjen Akademi TNI Letan Jendral TNI (Mar) Bambang Suswntoro, menegaskan bahwa pada saat itu Mendagri (1985) memerintahkan Walikota Magelang untuk menggunakan kantor tersebut. Namun dalam perintah yang diberikan tidak ada berita acara dan tidak melibatkan pihak Akdemi TNI. Hal tersebut disampaikan langsung Letjen TNI (Mar) Bambang Sus sebelum mengikuti upacara wisuda Taruna Taruni di Komplek Akmil Kota Magelang, Senin (6/7).

Diketahui bahwa aset mako Akabri yang sekarang ditempati oleh Walikota Magelang dibangun pada tahun 1982 dan selesai pada tahun 1985 diatas tanah seluas 40.000 meter persegi yang sedianya kantor itu akan digunakan sebagai Mako Akabri.

“Waktu itu saya masih taruna ya. Saat pembangunan selesai Panglima TNI mempunyai perintah bahwa Akademi TNI tidak jadi di Magelang tetapi harus berada di Jakarta (1985), sehingga kantor yang baru selesai itu tidak jadi digunakan sebagai kantor Akabri,” jelas Bambang Sus.

Akibat Mako Akabri tidak jadi diletakkan di Magelang, maka Mendagri memerintahkan Walikota untuk menggunakan aset tersebut sebagai kantor Walikota Magelang.
“Kemudian mungkin waktu itu administrasi belum begitu bagus, Mendagri memerintahkan Walikota untuk menggunakan. Untuk menggunakan ya, kantor Mako Akabri sebagi kantor Walikota Magelang. Tetapi perlu diingat, waktu perintah menggunakan itu tidak ada berita acara yang melibatkan Mako Akabri selaku pemilik yang sah. Dan sertifikat masih ada di tempat saya ya. Masih ada di tempat saya,” ujarnya.

Bambang juga menjelaskan bahwa, pada tahun 2011 ada temuan BPK bahwa barang milik negara dalam hal ini Mako Akabri digunakan oleh orang lain (Pemkot Magelang).

“Pertanggungjawaban itulah yang harus kita laksanakan. Kita buka semuanya, bahkan sempat tim dari kita tahun 2012 mewawancarai pelaku utama yaitu Walikota saat itu (Bagus Panuntun), bahwa beliau diperintah oleh Mendagri untuk menempati Mako Akabri sebagai kantor Walikota. Tidak ada berita acara, tidak ada sertifikat pindah tangan. Masih tetap milik kita,” terangnya.

Dalam kurun waktu tahun 2012 sampai sekarang, lanjutnya, sudah ada pertemuan dengan Walikota Magelang kurang lebih hingga sembilan kali, tetapi belum membuahkan hasil.

“Saya sendiri Komandan Jendran Akademi TNI di Magelang ini tidak punya kantor di sini. Wajar dong saya menanyakan aset saya. Itu aset bintang tiga yang makai selevel Walikota, mewah dan lengkap itu. Makanya kalau sekarang Walikota suruh pindah dari situ, tentu akan berat hati. Ironisnya saya yang memiliki tempat itu tapi tidak bisa menempati. Saya masih menumpang di Akmil, karena aset saya masih digunakan Walikota,” jelasnya Bambang Sus.

Bambang Sus mengaku sudah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden dan Medagri. Namun Mendagri ungkapnya, tidak mungkin bisa mengganti aset tersebut yang ditaksir mencapai Rp 200 Miliar. Ia juga memberikan dua opsi pada Walikota.

“Apalagi Bappenas menyatakan bukan masuk proyek nasional. Tidak masuk dalam RPJMN, sulit kita. Oleh karena itu opsi kedua yaitu Pemkot kembali ke kantor yang lama. Tidak usah menggunakan anggaran yang besar. Nol rupiah. Silahkan kembali tidak perlu serta merta bisa enam bulan, satu tahun kita bantu. Monggo kalau mengatakan membuat gaduh, ya tidak buat gaduh, monggo kita koordinasi menyiapkan kantor lama yang di dekat alun-alun sana.

Satu-satunya jalan harus ada yang mengalah salah satu. Walikota harus turunkan egosektoralnya. Bahwa anda tidak mempunyai untuk memiliki aset itu, sesuai dengan tertib administrasi negara. Barang milik negara itu, saya pemiliknya dan saya akan menggunakan sesuai kantor,” katanya.

Saat ditanya jika nantinya Pemkot tidak mau mengembalikan atau mengalah untuk untuk pindah, Bambang menegaskan akan memakai cara TNI.

“Ya nanti cara kita liatlah. Sekarang kalau anda memiliki tanah diambil orang lain, trus anda butuh trus bagaimana coba. Kita tidak akan memakai jalur hukum karena itu tempat saya, dia minggir saja gitu,” pungkas Bambang Sus.

Sementara itu Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, sangat menyayangkan hal tersebut.
“Kita sama-sama instansi pemerintah, melayani masyarakat dengan baik kan sudah ada komunikasi. Ada berita acara kesepakatan, tanah pengganti sudah ditinjau. Nah sekarang kita kan sedang mengkomunikasikan mengkoordinasikan dengan Pak Gubernur, Pak Mendagri terkait pembiayaan tersebut. Karena pemerintah daerah tidak mampu, dan Walikota tidak tiba-tiba menempati kantor itu sejarahnya,” jelas Sigit saat diwawancarai usai upacara wisuda Taruna Taruni di Komplek Akmil Kota Magelang.

Ia menegaskan bahwa Walikota tidak akan berani menempati gedung milik TNI, jika tidak ada perintah sebelumnya. “Kalau tidak ada perintah gak mungkin lah,” tegasnya.

Berdasarkan dokumen 1985 dari Menteri Pertahanan, Soesilo Sudarman ke Mendagri, Supardjo Rustam kemudian Walikota baru menempati. “Nah ini kan induknya di Kemendagri mohon arahan dana dan keterbatasan lainnya. Sekali lagi kalau walikota jaman dulu mana berani menempati aset milik TNI,” jelas Sigit.

Sigit juga mengatakan jika pihaknya disuruh pindah ke kantor lama, hal tersebut dirasa sangat tidak rasional. “Tidak rasional jika kami disuruh pindah di kantor lama, OPD saya sudah sekian banyaknya. Jangan latah menyampaikan terus pindah itu dilihat di lapangan. Dan ini kita sama-sama instansi pemerintah, kalau dilihat rakyat malu lah,” ujaarnya.


Dian Nurlita/ita

7 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  4. 81039 920071Youre so proper. Im there with you. Your weblog is surely worth a read if anyone comes throughout it. Im lucky I did because now Ive obtained a entire new view of this. I didnt realise that this issue was so critical and so universal. You completely put it in perspective for me. 190656

  5. 692191 535809Fantastic web site you got here! Yoo man fantastic reads, post some far more! Im gon come back so better have updated 16380

  6. 149112 847593Its truly a fantastic and beneficial piece of info. Im pleased which you just shared this beneficial information with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing. 484692

Tinggalkan Balasan