Dana Rp 66 Triliun Disiapkan Negara Anggota G20 Temukan Vaksin Corona

SM Network РOrganisasi Kesehatan Dunia atau WHO bersama dengan The Global Alliance fo Vaccines (Gavi) dan seluruh negara, mempersiapkan dana senilai US$4 miliar atau setara Rp66 triliun (kurs Rp16.500) demi menemukan vaksin untuk virus corona (Covid-19).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, berdasarkan pertemuan antar Menteri Keuangan negara-negara anggota G-20 disepakati bahwa nominal tersebut akan dimobilisasi oleh seluruh negara khususnya anggota G-20. Tujuannya, supaya vaksin cepat ditemukan.

“Pertemuan antar menteri keuangan kemarin sudah ada indikatif alokasikan US$4 billion bersama-sama dimobilisasi seluruh negara di dunia terutama di G20,” kata dia usai mendampingi Presiden Joko Widodo pada agenda KTT G20 Virtual Meeting, dikutip Jumat 27 Maret 2020.

Besaran dana itu, kata Sri, akan diarahkan untuk tujuan percepatan penelitian dan akselerasi supaya vaksin dari virus yang dikatakannya telah menyebar ke seluruh negara itu, bisa cepat ditemukan. Meski begitu, dikatakannya, untuk teknis pengumpulan dana dan penyalurannya masih dalam tahap pembahasan.

“Ini dalam rangka akselerasi reserarch dan menemukan antivirus atau vaksin pandemik Covid-19. Ini sedang dibahas bersama di level menteri keuangan anggota G20,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini, fokus negara-negara anggota G20 dalam penanganan virus ini adalah untuk menyelamatkan nyawa umat manusia. Sebab, menurut Sri, persoalan virus ini bukan hanya menyebabkan masalah kesehatan semata, melainkan berpotensi menjadi tragedi kemanusiaan. 

“Akan jadi tragedi kemanusiaan, sehingga saat ini seluruh negara di dunia betul-betul mencoba untuk mengurangi risiko penyebaran dan pencegahan penyebaran tersebut, itu akan tentu berkonsekuensi terhadap banyak hal dan itu fokus utama,” ungkap Sri.


SM Network/viva

3 Komentar

  1. 866904 721An extremely fascinating read, I may not concur completely, but you do make some very valid points. 478213

  2. 973366 335280Billiard can be a game which is mostly played by the high class people 696888

  3. 763615 657111The the next time I just read a blog, I genuinely hope that this doesnt disappoint me approximately brussels. Get real, Yes, it was my option to read, but I truly thought youd have some thing intriguing to say. All I hear is generally a couple of whining about something which you could fix when you werent too busy looking for attention. 101099

Tinggalkan Balasan