Dana Pilkada Siap Digeser Untuk Korona

WONOSOBO, SM Network – Komisi A, Kabupaten Wonosobo membahas tindaklanjut Pilkada yang ditunda. Sementara alokasi anggaran yang sebelumnya telah disiapkan Pemkab sebesar Rp 57 milyar, bakal dialihkan untuk penanganan pandemi korona.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A, DPRD Kabupaten Wonosobo, Suwondho Yudhistiro yang menjelaskan bahwa saat ini pilkada secara resmi telah ditunda. Maka DPRD telah menyepakati pihak penyelenggara pemilu untuk menunda sedikitnya empat tahapan. Tahapan itu diantaranya terkait masa kerja PPS, PPK, dan Pemutahiran serta verivikasi data pemilih.

“Sementara terkait dengan masa pencobolasannya ini kan kami masih tetap menunggu peraturan lebih lanjut dari pemerintah pusat. Karena ini memang bukan domain kami,” terangnya.

Oleh karenanya, sebelum ada kejelasan mengenai tanggal pencoblosan, DPRD menyepakati anggaran dana pilkada sementara dialokasikan untuk penanganan wabah korona itu. Dengan catatan bahwa saat ini ada 40 persen dana yang sudah masuk di pihak penyelenggara tidak ditarik kembali. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika sewaktu waktu tahapan pilkada dilanjutkan kembali.

“Ada sisa 60 persen saat ini yang masih mengendap di kas daerah. Lah itu yang kita perbolehkan untuk digunakan,” katanya. Terlebih dana yang masih mengendap di kas derah itu diperbolehkan untuk digunakan jika memang dalam keadaan darurat saja.

“Artinya dana ini digunakan untuk pancadangan di tahap kedua. Setelah Pemkab memang kekurangan anggaran untuk mengahadapi panedemi ini,” terangnya. Pasalnya, dirinya belum bisa memastikan kapan waktu pencoblosan bakal dilanjutkan.

Apakah tetap di tahun ini atau di awal tahun 2021. Sehingga tidak ada dana cadangan jika sewaktu waktu dilanjutkan. “Dan tadi kita telah sepakati. Segala bentuk kesiapsiagaan kita ditengah situasi seperti ini. Kan semuanya perlu solusi,” pungkasnya.


Adib Annas M

2 Komentar

  1. 112197 169247Some really quality posts on this website , saved to favorites . 952170

  2. 736586 584237I saw your post awhile back and saved it to my computer. Only lately have I got a chance to checking it and have to let you know good work. 325189

Tinggalkan Balasan