Dampak Corona, Mahasiswa Ini Lakukan KKN Secara Mandiri

BANTUL, SM Network – Merebaknya wabah Covid-19 membuat semua kegiatan mengalami keterbatasaan termasuk di dunia pendidikan. Bahkan, seorang mahasiswi kedokteran ini sampai harus melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) secara mandiri di tempat tinggalnya.
“Karena Corona, perkuliahan dilakukan daring. Termasuk KKN juga tak boleh dilakukan bersama sama secara tatap muka.

Akhirnya kampus menerapkan KKN Mandiri dan semua mahasiswa melakukannya di tempat tinggal masing-masing,” tutur Elisabeth Nova Kurniasari, mahasiswa yang melakukan KKN Mandiri di tempat tinggalnya di Dusun Kepuh RT 03, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Senin (6/7).

Nova sendiri tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.Si, KKN Mandiri yang diambilnya bertemakan Penguatan Ketahanan Pangan ditengah Pandemi.

Menurut Nova, dalam praktek KKN Mandiri ini, dia melakukan penanaman 150 bibit tanaman yang terdiri atas 50 bibit tanaman cabai, 50 bibit tanaman terong, dan 50 bibit tanaman tomat. “Saya juga sambil mempelajari pembuatan pupuk organik yang baik. Selain kegiatan yang berkaitan dengan ketahanan pangan, saya juga menjahit masker di rumah, membuat tempat cuci tangan, dan melakukan edukasi secara daring mengenai Covid-19, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat dengan membagikan poster melalui media sosial,” papar dia.

Tak hanya itu saja, Nova juga rutin berkunjung ke rumah-rumah warga di sekitar tempat tinggalnya untuk memberikan tanaman, masker, dan hand sanitizer serta melakukan edukasi tentang pentingnya penguatan ketahanan pangan melalui tanaman hortikultura, cara perawatan tanaman, pentingnya penggunaan masker, serta 6 langkah cuci tangan yang baik menurut badan kesehatan internasional, WHO.

“Dengan pembagian tanaman-tanaman kepada warga diharapkan mereka dapat merawat dan mengembangkannya sehingga pada akhirnya dapat berbuah guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Selain itu pada masa pandemi clCovid-19 ini mereka juga bisa membiasakan PHBS berdasarkan protokol kesehatan antisipasi Covid-19,” tandas Nova.


Gading Persada

3 Komentar

  1. 738212 327590I tried to submit a comment earlier, although it has not shown up. I will remember this. 617542

  2. 57689 880101Amazing! This blog looks just like my old 1! Its on a entirely different subject but it has pretty much the same layout and style. Excellent choice of colors! 759672

  3. 506480 405798I just added this webpage to my feed reader, wonderful stuff. Cannot get enough! 895703

Tinggalkan Balasan