Curi 16 Ekor Kambing Komplotan Spesialis Ternak Ditangkap

TEMANGGUNG-Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali mengatakan, masa pademi Korona memang berpengaruh pada pola kehidupan masyarakat dengan kecenderungan meningkatnya aksi kejahatan. Salah satu yang kembali berhasil diungkap adalah kasus pencurian ternak yang melibatkan sebuah jaringan atau komplotan spesial pencuri ternak.

“Kita ringkus komplotan pencuri ternak yakni KM (36) warga Kandangan, SN (43) warga Kandangan, dan R (18) warga Gemawang serta seorang penadah hasil curian SB (48) warga Kedu. Mereka ini melakukan pencurian 16 kambing milik Ruwadi warga Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak,”ujarnya kemarin.

Menurutnya, kronologis kejadian pencurian tersebut diketahui pada pukul 02.30, saat Sutini istri korban sedang membuat susu kedelai. Sutini mendengar suara gaduh di kandang kambingnya kemudian berusaha untuk mendatangi arah suara, ternyata gembok kandang sudah dalam posisi terbuka setelah dicek ada 16 kambingnya telah raib.

Dia pun segera membangunkan suaminya yang kemudian melakukan pengecekkan melalui CCTV. Petugas yang mendapatkan laporan lalu melakukan penyelidikan, menggali informasi dengan melihat CCTV yang ada di sekitar lokasi dan mendapatkan ciri-ciri pelaku. Pelaku mengarah pada para tersangka dengan ciri tubuh hasil tangkapan layar kamera yang dianalisa lebih dalam, dan di antara mereka ternyata ada residivisnya.

“Setelah mendapat bukti permulaan yang cukup kita melakukan penangkapan terhadap para pelaku baik pelaku pencurian maupun penadah. Kami sita, barang bukti berupa sebuah mobil Grand Max Super sebagai sarana untuk mencuri, kemudian 23 tali berwarna cokelat, sarung dan topi yang digunakan saat melakukan pencurian,”katanya.

Disebutkan, tersangka KM merupakan residivis kasus pencurian di Desa Sanden Kecamatan Jumo tahun 2014 dan tersangka SB merupakan residivis kasus pencurian di Desa Mranggen Kecamatan Parakan. Para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan di mana ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.


Raditia Yoni Ariya

Tinggalkan Balasan