Curah Hujan Tinggi, Harga Cabai Melonjak

MAGELANG, SM Network – Akibat curah hujan yang tinggi di awal tahun 2021, harga komoditas cabai di pasaran Kota Magelang melonjak tinggi. Harga cabai rawit dan keriting saat ini terpantau seharga Rp 85.000 per kilogram dan Rp 70.000 per kilogram.

Pramono (40), pedagang sayuran di Pasar Rejowinangun mengatakan, perubahan harga cabai memang cepat. Saat ini harganya melonjak tinggi, seperti cabai rawit sebelumnya Rp 60.000/kg menjadi Rp 85.000/kg dan cabai keriting menjadi Rp 70.000/kg dari sebelumnya Rp 55.000/kg.

“Harga cabai setiap hari bisa berubah. Kemarin jam 6 pagi saya jual cabai rawit per ons Rp 6.000, lalu jam 8 pagi sudah ganti harga jadi Rp 8.500,” ujarnya di warungnya, Rabu (6/1).

Dia menuturkan, kenaikan harga sayuran sudah terjadi sebelum tahun baru. Akan tetapi, kenaikan harga secara drastis baru terjadi di awal tahun 2021 ini, karena curah hujan sedang tinggi-tingginya.

“Harga sayuran di semua pedagang sedang naik saat ini, seperti brokoli, wortel, tomat, dan terong. Kenaikannya berkisar Rp 2.000/kg. Hanya bawang merah dan bawang putih yang harganya beda, karena tergantung dari penjualnya kapan mulai beli ke tengkulak,” katanya.

Meski harga naik, menurutnya, pembeli tetap ada dan memahami situasi karena bagi mereka hal tersebut dianggap membahagikan para petani. “Sejauh ini, pembeli masih ada tetapi belum pernah terjadi lonjakan pembeli sejak Covid-19 ada,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan