TEMANGGUNG, SM Network – Lantaran cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, pendakian Gunung Sindoro, khususnya via jalur pendakian Kledung, Kabupaten Temanggung ditutup untuk sementara waktu. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengelola Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kecamatan Kledung, Kabupaten Temangung dari Grasindo, Basori mengatakan, berdasarkan rapat koordinasi jalur pendakian Sindoro jalur Kledung ditutup mulai tanggal 6 Januari 2020. Namun sampai kapan dibuka kembali belum ditentukan, sebab harus melihat perkembangan kondisi cuaca.

“Kami beritahukan bahwa pendakian Gunung Sindoro Jalur Kledung ditutup mulai tanggal 6 Januari 2020 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang semakin memburuk yang tentunya dapat mengancam keselamatan pengunjung,”ujarnya Minggu (6/1).

Menurut dia, penutupan kegiatan pendakian Gunung Sindoro Jalur Kledung juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian. Upaya ini sebagai bagian dari langkah untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa.

“Kami harap hal ini dapat dimengerti oleh masyarakat yang gemar mendaki, sebab demi keamanan dan kenyamanan. Tentunya kami tidak ingin ada kejadian buruk menimpa pendaki karena pengaruh cuaca ekstrim, sebab bisa saja muncul badai, petir, atau jarak pandang berkurang hingga licinnya jalur, bahkan bisa terjadi longsor,”katanya.


Raditya Yoni A

3 KOMENTAR